Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

946

Ketahuilah Perusahaan yang Anda Lamar

Karena sulitnya mencari pekerjaan sekarang ini, beberapa pelamar kerja secara membabi buta membuat dan mengirim berkas lamaran ke banyak perusahaan, sampai lupa mencatat apalagi mempelajari perusahaan-perusahaan itu.

“Apa itu tidak boleh ?” tanya sahabat saya.

“Boleh saja, tidak ada larangan,” jawab saya. “Yang penting, pada saat menghadiri tes tertulis dan wawancara, jangan sampai masih belum tahu apapun tentang perusahaan tersebut”.

* – * – * – * – *

Selama 14 tahun menjadi Praktisi HR, saya beberapa kali menjumpai pelamar yang bertindak konyol karena masih tetap belum tahu apapun tentang perusahaan yang dilamarnya (di mana saya menjadi Praktisi HR-nya).

Sambil tersenyum manis dan tersipu-sipu, para pelamar akan meminta maaf karena belum mencari informasi / mempelajari Company Profile perusahaan yang bisa dengan mudah dibaca di internet !

“Pelamar seperti itu nasibnya bagaimana ?”

“Tidak lulus untuk menjalani seleksi tahap berikutnya,” jawab saya.

“Kenapa ?”

“Karena tidak menunjukkan kompetensi dalam bidang Information Seeking dan Learning & Enthusiasme,” kata saya. “Aneh ‘kan, melamar kerja di suatu perusahaan, tetapi dia sendiri tidak aktif mencari informasi / mempelajari perusahaan itu. Orangnya pasif, perlu selalu mendapatkan pengarahan dan bimbingan. Tidak cocok untuk bekerja di perusahaan ini”.

* – * – * – * – *

Sebaliknya, ada juga pelamar yang dengan antusiasme tinggi mempelajari perusahaan yang dilamarnya. Saya pernah mewawancarai seorang pelamar sebuah dealer mobil unuk bagian penjualan mobil baru. Pelamar ini begitu antusias. Dia menunjukkan kepada saya film-film pendek tentang iklan mobil merek tersebut di luar negeri, yang dia simpan di smartphone-nya. Tentu saja, ini memberikan nilai lebih bagi dia. Setelah dia menjalani berbagai macam tes seleksi penerimaan karyawan, dan dengan memperhatikan nilai lebih yang bernama antusiasme tadi, maka pelamar ini dinyatakan diterima sebagai karyawan baru.

Bisa ditebak, dia dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik dan mencapai target yang ditetapkan perusahaan.

* – * – * – * – *

Internet sekarang ini begitu mudah diakses. Bagi para pelamar kerja, kemudahan ini dapat digunakan untuk mendukung proses melamar kerja, dalam arti jangan sampai belum membaca Company Profile di internet pada saat menjalani seleksi di perusahaan yang dilamar !

—– oOo —–

Ditulis oleh : Constantinus J. Joseph
(Praktisi HR BPR Restu Group, Angota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) & Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO))

Profile Status
ACTIVE