Siapa yang tidak kenal dengan sebutan alkohol. Dan dalam ilmu kedokteran alkohol bermanfaat untuk membersihkan luka dari bakteri. Namun jika alkohol di jadikan bahan dasar dari sebuah minuman, maka alkohol tersebut menjadi sebuah zat depresan yang mengurangi aktivitas otak dan sistem saraf.

Belakangan ini sering terdengar bahwa minuman beralkohol sudah banyak beredar di masyarakat. Terkadang kita juga mendengar ada kasus kejahatan di masyarakat yang dipicu oleh pengaruh minuman beralkohol, bahkan anak sekolahpun pernah mendapatkan kasus karena meminum-minuman beralkohol tersebut. Minuman alkohol adalah minuman keras yang memabukkan peminumnya, dengan resiko dapat membuat efek samping menjadi sempoyongan, jalan tidak bisa lurus serta efel-efek lainnya.

Minuman beralkohol mengandung zat etanol dan mempunyai warna dan rasa yang berbeda-beda, tergantung bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatannya. Alkohol tersaji dalam banyak variasi termasuk bir, anggur, brandy, arak, whisky, dan lain-lain. Dampak dari minuman beralkohol beragam pada setiap orang, dan tergantung pada:

  1. seberapa banyak kadar alkohol dalam minuman yang di konsumsi, karena semakin banyak kadar alkohol akan semakin cepat dampak yang ditimbulkan di dalam tubuh.
  2. Kondisi kesehatan tubuh kita. Jika tubuh sedang sakit, sistem kerja hati kita juga akan kurang maksimal untuk menolak racun yang masuk dalam tubuh, maka dari itu minuman beralkohol akan menambah buruk kesehatan tubuh kita.
  3. Ketika minuman beralkohol di konsumsi pada saat perut kita dalam kondisi kosong maka akan menaikkan asam lambung yang memicu penyakit magh akut, serta bisa menyebabkan infeksi lambung atau usus.
  4. Jika minuman beralkohol di konsumsi bersama obat obatan maka akan mengganggu sistem kerja obat tersebut.

Dampak langsung dari minuman berakohol adalah sebagai berikut :

  1. Badan terasa santai.
  2. Kehilangan pengendalian diri.
  3. Pergerakan badan yang tidak terkendali.
  4. Pandangan kabur.
  5. Bicara tidak jelas.
  6. Mual dan muntah-muntah.
  7. Kehilangan kesadaran.

Masyarakat sudah banyak yang mengetahui dampak negatif yang dapat di rasakan langsung jika mengkonsumsi minuman beralkohol terlalu berlebihan, namun dampak negatif itu tidak serta membuat para peminumnya berhenti untuk mengkonsumsi minuman beralkohol tersebut.

Berikut ada beberapa dampak panjang dari minuman beralkohol jika di konsumsi secara rutin dengan berlebihan.

  1. Perut terasa terbakar.
  2. Kerusakan hati.
  3. Kerusakan otak.
  4. Kehilangan daya ingat.
  5. Kebingungan
  6. Ketidakstabilan jantung dan darah.
  7. Depresi
  8. Masalah sosial (kecanduan alkohol, kriminalitas, masalah keluarga, dsb)

Banyak sekali penyakit yang disebabkan karena minum minuman beralkohol. Maka sebaiknya jika tidak ingin kesehatan kita terganggu, alangkah baiknya jika kita menghindari minum minuman beralkohol tersebut, karena sehat tu sangatlah mahal.