Biopeptisida Nabati: Usir Serangan Ulat Bulu dari Kebun Anda

456

Ulat Bulu Menyerang Daun Tanaman                                                                (Sumber: //www.lensaindonesia.com)

Bagi para pecinta hidup sehat, tentunya mengkonsumsi sayuran organik sudah merupakan  keharusan.  Untuk memastikan sayuran yang dikonsumsi 100% organik, biasanya menanam sendiri sayuran dan buah-buahan adalah solusinya.  Namun demikian, bukan perkara yang mudah untuk memastikan sayuran atau buah-buahan yang ditanam bisa tumbuh subur dan berproduksi secara optimal.

Ulat bulu, adalah salah satu hama tanaman yang sangat mengganggu.  Selain merusak tekstur  tanaman, ulat bulu bisa mengakibatkan gagal panen.  Karena hal itulah, maka perlu penanganan yang tepat.

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan biopeptisida nabati sebagai pengganti peptisida sintetis untuk mengusir ulat bulu.  Mengingat Dampak negatif penggunaan pestisida sintetis maka penggunaan biopeptisida nabati yang ramah lingkungan sangat dianjurkan. Menurut Kardinan (2004), biopestisida nabati merupakan bahan aktif tunggal atau majemuk yang berasal dari tumbuhan yang berfungsi sebagai penolak, penarik, antifertilitas, dan pembunuh sehingga dapat untuk mengendalikan organisme pengganggu tumbuhan. Kelebihan dibandingkan pestisida sintetis adalah sifatnya yang mudah terurai di alam sehingga tidak mencemari lingkungan, dan relatif aman bagi manusia dan ternak peliharaan karena residu mudah hilang.

Salah satu biopeptisida nabati yang sering kita jumpai  adalah tanaman sirsak. Senyawa aktif yang terkandung pada daun dan biji sirsak adalah senyawa asetogenin, antara lain asimilin, bulatacin, dan squamosin. Pada konsentrasi tinggi, senyawa asetogenin memiliki keistimewaan sebagai antifeedant. Dalam hal ini, hama serangga dan ulat  tidak lagi bergairah untuk melahap bagian tanaman yang disukainya. Sedangkan pada konsentrasi rendah, bersifat sebagai racun perut yang bisa mengakibatkan hama serangga  dan ulat mati (Muharsini dkk, 2006).

Masihkah anda takut dengan serangan ulat bulu di kebun anda??? Marilah berkebun.

  • Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                                           Praktisi HR  dan Pemerhati Lingkungan                                                                     Alumni Magister Sains Universitas Diponegoro Angkatan 2008
Profile Status
ACTIVE