Candi Cetho dan Peninggalan Suku Maya

550
Keeksotikan dan Kesakralan Candi Cetho (Foto: Supriyadi)

Karanganyar, RestuMagz – Pada kesempatan ini, akan dibahas lebih lanjut Ke eksotikan dan kesakralan Candi Cetho yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Pada trap yang kesembilan ini terdapat bangunan utama candi yang paling suci, berbentuk trapesium. Konon candi ini sering dihubung-hubungkan dengan candi peninggalan Suku Maya karena memang bentuknya yang hampir serupa.

IMG_1231

Pintu masuk sengaja dibuat sempit agar orang yang beribadah memasuki  bangunan satu persatu secara teratur. Untuk wisatawan dilarang untuk menaiki trap yang paling atas ini, cukup hanya sampai teras depan dari tingkat puncak tersebut. Ada papan yang bertulisakan MOHON tetap sopan perkataan dan tingkah laku anda sebagai rasa solidaritas terhadap umat hindu yang menggunakan candi ini sebagai pura dan tempat ritual bagi peziarah. Itu berarti kita harus tetap tenang berada disini, dan di tempat ini kita akan merasakan keadaan yang berbeda, terasa sangat sunyi dan senyap sekali.

IMG_1238

Indahnya Candi Cetho ini tak hanya terlihat dari struktur bangunannya, tapi juga pemandangan sekitar candi yang elok, sejuk, dan bersih, hamparan  pepohonan hijau terlihat begitu asri yang sangat memanjakan mata kita.

Candi Cetho sangat direkomendasikan pagi anda yang ingin mencari ketenangan hati dan kejernihan pikiran. Menyaksikan umat Hindu melaksanakan ritual keagamaan di candi ini, menjadi pengalaman tersendiri bagi penulis. Letaknya memang terpencil, perlu lewati jalanan yang menanjak, berkelok, menikung untuk mencapai kawasan candi, namun jika kita sudah berada di sana, enggan rasanya untuk pulang karena udara yang sejuk dan pemandangan indahnya. Semua itu membuat kita merasa nyaman.

Semua memang butuh perjuangan, jika kita bisa melewatinya kita akan mendapatkan hasilnya. Dan yang pasti hasil yang memuaskan.

Penulis : Supriyadi  (Jurnalis PT BPR Tawangmangu Jaya)                                              Editor   : Franes Pradusuara

0 comments
Profile Status
ACTIVE