Fenomena Mudik Tradisi Lebaran

46

Mudik adalah tradisi lebaran yang di lakukan oleh masyarakat Indonesia untuk menyambut hari Raya Idul Fitri dengan meninggalkan semua kegiatan di kota dan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga di hari lebaran, tradisi ini hanya bisa di temui setahun sekali. Pemudik khususnya umat muslim akan rela mengantri dan berdesak -desakan di seluruh penjuru akses transportasi, dari yang berkendaraan pribadi maupun umum. Barang bawaan yang banyak tidak menjatuhkan semangat mereka untuk bisa cepat sampai di kampung halaman.

Namun kegiatan mudik identik dengan kemacetan dan kecelakaan, sulitnya meninggalkan tradisi mudik di pengaruhi oleh beberapa hal tradisi mudik yang merupakan ajang eksistensi para perantau dan menunjukkan hasil jeri payanya selama merantau.

Terkait dengan itu, penggunaan kendaraan pribadi seperti sepeda motor mendominasi arus mudik. Hal ini tidak mengherankan dari tahun ke tahun yang mendominasi angka kecelakaan pada pengguna motor itu sendiri.

Mengingat keluarga menanti di rumah, mohon berhati – hati dalam berkendara. Kelengkapan diri & kendaraan harap di perhatikan. Yang menggunakan kendaraan umum harus selalu waspada pada barang bawaan, jangan sampai ketinggalan apalagi hilang.

Segenap direksi & karyawan BPR Restu Mandiri Makmur
Mengucapkan

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1437 H
MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR & BATIN

Untitled-2

Penulis : Shofiana Ismawati (Jurnalis BPR Restu Mandiri Makmur)

0 comments
Profile Status
ACTIVE