Indahnya Puri Taman Saraswati

612
Penggambaran Sosok Dewi Saraswati dengan Empat Lengan (Foto: Supriyadi)

Karanganyar, RestuMagz – Puri Taman Saraswati menjadi destinasi wisata kedua di kompleks wisata Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dari pendopo Candi Cetho kita kearah utara.  Bagi para pengunjung jangan khawatir, disana juga tersedia papan penunjuk jalannya. IMG_1211-300x225Saat menuju jalan keluar Candi Cetho, pengunjung akan dimanjakan oleh banyak pedagang yang menjajakan makanan dari teh asli tawangmangu hingga sate kelinci yang lezat.

IMG_1249

Untuk dapat memasuki Puri Saraswati, pengunjung harus membayar tiket masuk yang relatif murah yatu sebesar Rp 1.500,- / orang. Dari tempat pembelian tiket masuk tadi, pengunjung masih harus berjalan kaki dengan menapaki anak tangga yang sedikit agak menanjak.  Untuk memasuki Puri Saraswati, pengunjung dilarang menggunakan alas kaki.   Hal itu diyakini agar  kesucian ditempat tersebut tetap terjaga.

Puri Saraswati tidak hanya dijadikan objek wisata budaya tetapi juga digunakan sebagai tempat bersembahyang umat beragama Hindu. Saraswati adalah nama seorang dewi dalam mitologi Hindu yang menjadi pasangan dari Dewa Brahma. Dewi Saraswati adalah dewi ilmu pengetahuan dan seni. Dengan bantuan dari ilmu pengetahuan yang dimilikinya Dewa Brahma berhasil menciptakan alam semesta. Dewi Saraswati digambarkan sebagai dewi cantik yang memiliki empat lengan.  Empat lengan yang dimiliki Dewi Saraswati melambangkan empat aspek berbeda yaitu pikiran, intelektual, mawas diri, dan ego. Pada keempat lengan itu pula digambarkan Dewi yang juga dipercaya sebagai salah satu Dewi Sungai ini memegang empat benda yang berupa Wina atau kecapi, Damaru atau kendang kecil, Lontar atau buku, dan Genitri (menyerupai tasbih atau rosario).

IMG_1252

Sosok Dewi ini juga selalu digambarkan berdiri di atas bunga teratai dengan mengenakan pakaian rapi nan indah dengan dominasi warna putih sebagai simbol kesahajaan. Gambaran angsa juga biasa terdapat di samping Dewi Saraswati karena angsa dipercaya sebagai kendaraan sucinya (wahana). Selain angsa, terdapat juga burung merak yang muncul dalam setiap penggambaran sosok Dewi ini.

Seluruh penggambaran di atas muncul secara nyata di taman sejuk dan indah yang terletak di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1400 meter dpl dalam bentuk patung. Patung Dewi Saraswati tampak berdiri indah di atas teratai tepat di tengah-tengah taman yang berada persis di atas kompleks Candi Cetho.

Pengunjung yang datang pada saat peliputan ternyata banyak juga, walaupun bukan hari libur ternyata banyak juga yang datang kesini. Saya mencoba bertanya kepada pengunjung yang datang, apa yang menarik pada puri saraswati ini? Ternyata betul seperti yang saya perkirakan, karena tempatnya indah, nyaman, dan sejuk. Walaupun sedikit sakral, tetapi tetap indah sekali, cocok untuk berfoto-foto.

Sudah capek untuk berfoto ria mari kita lanjutkan perjalanan pulang.  Menuruni anak tangga yang begitu panjang, disepanjang jalan terdapat pohon yang rindang, yang membuat suasana tambah sejuk dan bagus untuk berpose.

IMG_1270 copy

IMG_1272

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika anda mengunjungi candi cetho, jangan lupa untuk berkunjung ke Puri Taman Saraswati. Karena keindahanya tak akan mengecewakan mata anda.

 

Penulis : Supriyadi  (Jurnalis PT BPR Tawangmangu Jaya)                                               Editor   : Franes Pradusuara

0 comments
Profile Status
ACTIVE