Karena Tergesa-gesa Maka Saya Belum Tanda Tangan

243

Ketelitian Surat Lamaran Menggambarkan Kepribadian Pelamar

Beberapa lamaran kerja yang saya terima lewat pos tidak ditandatangani oleh pelamar yang bersangkutan. Dulu, ketika saya masih mengawali kerja sebagai Praktisi HR, ada juga pelamar seperti ini yang saya panggil untuk saya wawancarai. Tetapi sekarang tidak lagi.

* – * – * – * – *

“Kenapa kamu tidak memberi kesempatan kepada mereka untuk diwawancarai ?”

“Karena jawabannya rata-rata sama, yaitu karena tergesa-gesa, maka belum sempat ditandatangani sudah dikirim lewat pos,” jawab saya.

“Memang itu bermasalah ?”

“Iya, jelas. Apabila dia sampai diterima kerja sebagai karyawan, dia akan mengirim dokumen yang belum lengkap dengan alasan tergesa-gesa. Persis seperti ketika dia mengirim berkas lamaran kerja ini. Dia tidak teliti dan terburu-buru ketika di bawah tekanan. ‘Kan runyam kalau begitu,” jawab saya.

* – * – * – * – *

Pada saat mengirim berkas lamaran kerja, memang harus diteliti supaya tidak ada yang kelolosan. Tidak adanya tanda tangan atau (ada juga surat lamaran yang) tidak menuliskan tanggal surat (dengan alasan apapun) untuk berkas lamaran yang dikirim lewat pos (bukan lewat e-mail) menunjukkan bahwa pelamar adalah orang yang tidak teliti ketika di bawah tekanan / tergesa-gesa. Ini membuat pelamar gagal pada taraf seleksi berkas lamaran.Surat Lamaran Tanpa Tanda Tangan Menunjukkan Ketidaktelitian

Surat Lamaran Tanpa Tanda Tangan Menunjukkan Ketidaktelitian

Jadi, telitilah dalam membuat surat / berkas lamaran, karena hal ini menggambarkan kepribadian pelamar.

—– oOo —–

Ditulis oleh : Constantinus J. Joseph
(Praktisi HR BPR Restu Group, Angota Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) & Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO))

Profile Status
ACTIVE