RestuMagz – Tokoh wanita satu ini sangat terkenal di Indonesia bahkan mancanegara. Sosok pahlawan wanita yang banyak menjadi inspirasi bagi pejuang wanita berikutnya. Perjuanganya mengangkat emansipasi wanita sangatlah gigih. Banyak pemikiran-pemikiran luhur bagi kaum wanita dituangkan dalam perjuanganya sebagai pahlawan nasional.

Habis Gelap Terbitlah Terang, siapa yang tidak mengenal dengan serangkaian kata indah ini. Judul buku dari kumpulan surat-surat Kartini ini menjadi warisan besar bagi kaum perempuan Indonesia. Tidak hanya sekedar buku, namun pemikiran-pemikiran Kartini dituangkan dalam bentuk tulisan yang tidak akan habis dimakan masa begitu juga namanya.

Sastra merupakan kekuatan utama bagi Kartini yang tidak memiliki kekuasaan dan kebebasan mengaktualisasikan dirinya sebagai perempuan Jawa. Perempuan Jawa yang pada zaman itu penuh dengan pembatasan gerak dan hak, membuat hati Kartini menjadi sangat gelisah. Ia ingin berjuang, namun terbatas. Ia ingin melawan tapi ia perempuan. Ia ingin merubah keadaan tapi ia tak berkuasa. Sehingga melalui tulisan-tulisan inilah Kartini bisa menumpahkan segala kegelisahan. Sampai pada akhirnya perjuangan itu tidak sia-sia. Kaum perempuan memiliki hak yang sama seperti kaum laki-laki. Berhak atas pendidikan setinggi mungkin, berhak atas pekerjaan yang tidak pandang buluh, berhak atas posisi dan jabatan, dan berhak atas segala emansipasi dan pemikirannya. Mulai dari sopir, petugas parkir, sampai presiden pun wanita berhak atas tugas itu.

(Salam dari Kartini & Kartono Restu Klaten)
(Salam dari Kartini & Kartono Restu Klaten)

 

Klaten, 21 April 2016. Pagi yang cerah kali ini kami bergembira. Kebaya dan batik yang pernuh warna turut memeriahkan suasana keluarga Restu Klaten. Dalam rangka memperingati Hari Kartini, kami semua sepakat untuk mengenakan kebaya pakaian khas wanita adat Jawa dan beberapa teman pria ada yang mengenakan pakaian adat Bali. Tidak hanya menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini, penampilan khas kali ini sengaja dilombakan agar semakin menambah semangat Kartini. Selain itu, ada juga lomba selfie dengan menawarkan produk andalan Restu Klaten.

(Pemenang dari Kompetisi Penampilan Mirip Kartini 2016 RTM)
(Pemenang dari Kompetisi Penampilan Mirip Kartini 2016 RTM)

Kartini yang sederhana, Kartini yang bersahaja, Kartini yang sabar, dan Kartini yang melayani dengan tulus kepada semua nasabah dan teman-temannya.

Oleh: Agustin R (Jurnalis PT. BPR Restu Klaten Makmur)

Salam Kartini dari Kantor Kas Pedan (Pemenang Selfie Solid)
Salam Kartini dari Kantor Kas Pedan (Pemenang Selfie Solid)
(Salam Kartini dari Kantor Kas Delanggu)
(Salam Kartini dari Kantor Kas Delanggu)
(Salam Kartini dari Kantor Cabang Solo)
(Salam Kartini dari Kantor Cabang Solo)