Memanfaatkan Air Limbah Bekas Cucian untuk Pencegahan Flu Burung

526

Semarang, RestuMagz- Seperti  yang kita ketahui dalam beberapa minggu terakhir ini, isu flu burung kembali merebak.  Hal itu tentu saja sangat membuat khawatir para peternak dan para pecinta  burung.  Namun demikian, jangan khawatir berlebihan.

Hal terbaik yang dapat kita laukan saat ni adalah dengan melakukan usaha pencegahan.  Salah satunya dengan cara membersihkan kandang unggas secara rutin, sehingga kebersihan tetap terjaga.  Membersihkan kandang unggas tidak cukup hanya dengan menggunakan air saja, tetapi perlu ditambahkan disinfektan sehingga kuman penyakit bisa mati.

Ada tips yang cukup baik dalam membersihkan kandang unggas bagi  peternak rumahan (skala kecil/hobi).  Yaitu dengan cara memanfaatkan air bekas rendaman cucian pakaian.

Selama ini, air bekas rendaman cucian dibuang dengan percuma tanpa dimanfaatkan secara maksimal.  Sebenarnya air bekas cucian mengandung detergen yang fungsinya dapat menjadi disinfektan yang mampu membunuh kuman penyakit.

Di bawah ini disajikan cara pemanfaatan air bekas rendaman cucian sebagai disinfektan, sebagai berikut:

  1. Alat untuk membersihkan kandang unggas (ukuran 1 M2) :
  2. 2 Ember air bekas rendaman cucian (10 Liter)
  3. Skop pembersih
  4. Sikat pembersih lantai
  5. 3 Ember air bersih (10 liter)

Cara pemanfaatan:

  1. Pembersihan kandang dilakukan ketika kandang sedang kosong.
  2. Bersihkan terlebih dahulu kotoan unggas yang ada di alas kandang menggunakan skop, lalu masukan ke lubang yang sudah disediakan sebelumnya (jangan di buang ke selokan)
  3. Guyur alas kandang tersebut dengan air bekas rendaman cucian secara bertahap, lalu sikat sampai bersih (kotoran hilang), ulangi hal yang sama sampai benar benar bersih.
  4. Bilas alas kandang tersebut dengan air bersih, sampai benar-benar bersih.
  5. Biarkan kandang kering, baru ternak dimasukan kembali kekandang.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si

Profile Status
ACTIVE