Membuat Jus Sehat berbahan Daun Pegagan

2595

Semarang, RestuMagz – Setelah mengenal khasiat daun pegagan untuk pengobatan berbagai penyakit, maka alangkah lebih baiknya jika kita mengenal lebih jauh daun pegagan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Mungkin bagi sebagian orang ada yang merasa tidak suka dengan rasa daun pegagan jika dikonsumsi dalam bentuk segar, walaupun di beberapa daerah pegagan sudah lajim digunakan sebagai lalapan.

Pengalaman penulis ketika berlibur di Ciamis, ternyata daun pegagan juga sangat nikmat dikonsumsi dalam bentuk jus segar.  Dibawah ini disajikan cara membuat Jus Sehat berbahan Daun Pegagan, sebagai berikut:

Bahan dasar: Daun pegagan sebanyak satu genggam orang dewasa, Apel hijau Segar sebanyak 1 buah, air putih secukupnya, Madu alami secukupnya.

Cara membuat:

  1. Daun pegagan dan apel hijau dibersihkan dengan cara dicuci dalam air segar yang mengalir sampai bersih, dan kemudian di cuci ulang dengan air matang, kemudian tiriskan.
  2. Potong kecil-kecil daun pegagan dan apel hijau kemudian tambahkan air secukupnya dan di blender sampai halus.
  3. Tuangkan daun pegagan dan apel hijau yang sudah halus tersebut kedalam gelas (tanpa disaring).
  4. Masukan 1 sendok madu murni  sebagai pemanis alami kedalam gelas yang berisi jus daun pegagan dan apel hijau tersebut, dan Jus Daun Pegagan siap dinikmati diminum habis beserta ampasnya (bisa ditambahkan es batu secukupnya sesuai selera dan juga bisa ditambahkan daun mint dan susu murni sesuai selera).

Demikian  cara pembuatan jus daun pegagan ala penulis.  Untuk mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan maka konsumsilah jus tersebut minimal seminggu 3 kali setiap pagi hari sebelum sarapan atau sebelum makan siang.

Tetap sehat, produktif, dan bahagia.

 

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                               Ilustrasi :  Gambar Jus Pegagan ( Sumber: //www.necturajuice.com/)

Profile Status
ACTIVE