Mengenal diet keto

19

Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan cara menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Salah satu cara diet ini populer lantaran dinilai cepat menurunkan berat badan. Tetapi cara diet ini tak lepas dari kontroversi. Diet keto juga dinilai sangat berisiko lantaran dapat membahayakan kesehatan jika salah melakukannya.

Seperti dilansir Tribunstyle.com dari Alo Dokter, diet keto mirip dengan diet Atkins dan diet rendah karbohidrat. Diet ini dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak dengan jumlah asupan protein sedang. Tujuannya agar tubuh mencapai kondisi ketosis atau membakar lemak sebagai sumber energi utama.

Sedangkan di sisi lain ketosis jadi suatu kondisi berbahaya bagi penderita deabetes tipe 1. Meski begitu diet keto aman dan juga efektif dilakukan menurut beberapa studi.

Manfaat Diet Keto

  1. Mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Diet keto adalah diet yang direkomendasikan bagi penderita diabetes diabetes tipe 2. Namun ingat direkomendasikan selama lemak yang dikonsumsi merupakan lemak sehat. Misalnya lemak dari ikan salmon, kacang-kacangan, dan alpukat.

  1. Meringankan gejala epilepsi pada anak.

“Sebuah penelitian yang diuji pada 150 anak dengan epilepsi menunjukkan pasca menjalani diet keto selama satu tahun, setengah dari anak-anak mengalami penurunan frekuensi kejang sebanyak 50%.”dikutip dari Alodokter.

  1. Mengurangi risiko jantung

Diet keto dijalankan dengan konsumsi lemak sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Diet keto dapat menurunkan kadar insulin sehingga produksi kolesterol dalam tubuh juga ikut menurun.

  1. Mengurangi risiko gangguan sistem saraf

Diet ini juga bermanfaat mengurangi risiko gangguan sistem saraf seperti gangguan tidur dan penyakit Parkinson. Diet keto juga disebut dapat mengurangi jerawat dan menghambat perkembangan kanker juga lho.

Cara Diet Keto

Cara diet keto yakni anda harus mengurangi konsumsi karbohidrat setiap hari.

Kurangi konsumsi karbohidrat dengan jumlah banyak. Pola makan diet keto yakni 75% konsumsi lemak, 20% protein, dan & karbohidrat. Sedangkan diet keto tinggi protein memiliki pola 60% lemak, 5% karbohidrat, dan 35% protein.

Diet keto dilakukan dalam jangka pedek atau 2-3 minggu. Batas maksimal melakukan diet keto maksimal 6-12 bulan. Ingat ya diet ini sebatas mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki kesehatan tuk selanjutinya mengikuti pola hidup sehat.

Jadi berikut ini makanan apa saja yang disarankan dalam diet keto selengkapnya.

  • Telur, terutama yang mengandung omega 3.
  • Daging, ayam, kalkun, sosis, steak dan produk daging
  • Ikan tuna, salmon, makarel. Krim, mentega dan keju.
  • Sayur hijau, tomat, bawang, cabai dan sayur lain yang rendah karbohidrat.
  • Kacang dan biji-bijian, seperti almond, wijen, chia dan biji labu.
  • Alpukat, baik dikonsumsi langsung maupun dalam bentuk masakan.
  • Minyak zaitun, minyak alpukat atau minyak kelapa.
  • Garam, merica dan berbagai rempah alami.

 

Sementara itu berikut jenis karbohidrat yang dihindari adalah

  • Nasi, pasta, sereal dan produk gandum.
  • Umbi-umbian, seperti ubi, kentang, wortel.
  • Makanan atau minuman manis, seperti permen, es krim, cake, jus buah dan soda.
  • Lemak tidak sehat dari minyak sayur atau mayonaise.
  • Minuman mengandung alkohol.
Profile Status
ACTIVE