Menguak Sejarah Sam Poo Kong

118

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang (Foto:Pramita Dwi Aryani)

Di sebuah sudut kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan berdiri sebuah bangunan bergaya khas Tionghoa bernama Klenteng Sam Poo Kong. Konon ceritanya tempat ini merupakan persinggahan Laksamana dari China Daratan bernama Zheng He atau juga dikenal dengan nama Cheng Ho.

Laksamana Zheng He disebut sebagai duta perdamaian. Beliau merupakan tokoh muslim yang berkeliling mengunjungi negara-negara lain. Disebutkan bahwa di tengah perjalanan salah satu awak kapalnya sakit, sehingga beliau memerintahkan untuk bersandar. Nah, kapalnya menepi dan menyusuri sungai hingga sampailah di tempat ini. Tanpa diduga kedatangannya di Semarang membuat cerita baru karena sejak kedatangannya Laksamana Zheng He menemukan gua dari batu yang digunakan sebagai tempat semedi dan sembahyang.

Untuk mengenang jasanya dibangunlah sebuah tempat yang pada perkembangannya digunakan sebagai tempat ibadah umat Tionghoa yang diberi nama Klenteng Sam Poo Kong. Dengan harga tiket masuk Rp 3.000,- per orang, harga yang relatif murah menurut saya, pengunjung dapat berkeliling melihat seluruh bagian dari Klenteng ini. Bagi pengunjung yang berniat untuk melaksanakan ibadah di tempat ini, bisa menghubungi petugas untuk mendapatkan pengembalian tiket masuk dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan. Selalu patuhi aturan yang diterapkan ketika mengunjungi tempat ini ya, guys. Beberapa bangunan diberi papan petunjuk bahwa selain yang berkepentingan untuk beribadah, dilarang memasuki bangunan tersebut. Selain melihat bangunan dengan arsitektur khas, pengunjung bisa mendapatkan kenang-kenangan berupa foto menggunakan kostum bangsa Asia Timur. Namun, satu hal lagi yang paling penting yakni tetap jaga kebersihan. Enjoy your day….. v(~_^)

Ditulis oleh : Pramita Dwi Aryani
(Jurnalis PT BPR Artha Mukti Santosa)

0 comments
Profile Status
ACTIVE