Agenda hari minggu pukul 11.00 – 12.00 siang di Kraton Yogyakarta tepat di Bangsal Sri Manganti di gelar pertunjukan tari. Pertunjukan tari ini bermacam-macam tariannya. Minggu, 01/11/2015 siang pukul 11.00 saya sampai ke Kraton dan ternyata pertunjukan telah di mulai. Penonton dari luar daerah pun sudah memadati area bangsal. Ada yang duduk di tikar dan ada disediakan kursi. Tidak kalah para wisatawan asing dengan kameranya siap memotret para penari yang cantik. Biasanya para pengisi tari-tarian di Kraton yaitu para mahasiswa ISI (Institut Seni Yogyakarta) dan dari UGM. Dengan di dampingi para pengajar dari ISI mereka menari dengan bagus. Para penabuh gamelan pun dari mahasiswa ISI Yogyakarta. Para sinden bernyanyi atau nembang dengan merdunya.

Siang itu setelah selesai pertunjukan saya berkesempatan bertemu dengan salah satu pengajar di ISI yang sekaligus mandampingi saat pertunjukan tari tersebut. Tarian tadi apa namanya pak” Tari Bedoyo mbak sahut bapak sang pengajar. Selanjutnya apakah semua itu anak ISI? ”Iya mbak, semua penari anak ISI dan penabuhnya, mereka mempraktekan apa yang telah mereka pelajari di kampus kemudian ini waktunya mereka mempertunjukan hasilnya”, kata bapak sang pengajar.
Melihat para mahasiswa menari dengan anggunya betapa bangganya kita orang jawa khususnya Yogyakarta bisa mempunyai tari-tarian yang bagus dan rumit namun berkesan.

IMG-20151103-WA0007

Ditulis oleh : Margareta Novita Sari Dewi
(Jurnalis PT Arta Yogyakarta)