Pengemudi Wanita dan SUV (SPORT UTILITY VEHICLE) – Pahami Perbedaan Karakter!

161
Pada dasarnya mengemudi SUV tidak jauh berbeda dengan mobil jenis lain, namun ada beberapa hal yang sebaiknya dipahami dari awal.

Semarang, RestuMagz – SUV (Sport Utility Vehicle) awalnya merupakan jenis kendaraan berpenggerak empat roda dengan symbol 4WD, serta memiliki desain yang besar, kekar dan macho, seiring perkembangan di beberapa Negara seperti Indonesia mulailah diciptakan SUV berdesain lebih kecil dan berpenggerak dua roda (2WD)

Uniknya tren mengemudi SUV juga semakin disukai kaum wanita di Indonesia seperti pada saat ini semakin mudah melihat kaum wanita mengemudi SUV tanpa canggung lagi. Nah, biar pilihannya makin tepat dan makin lihai mengemudikan SUV, pahami beberapa hal berikut :

 Ukuran SUV

Saat ini SUV setidaknya dipasarkan dalam tiga ukuran, yaitu Compact/Low SUV (ukuran kecil), Segmen Mid-Size SUV (ukuran sedang) yang umumnya berpenggerak roda depan 2WD seperti Hyundai Tucson, serta tipe regular atau Full Size SUV yang umumnya merupakan pengembangan mobil berbasis Jip seperti Hyundai Santa Fe 4WD.

Ground Clearance

Desain mobil SUV memiliki karakter ukuran ketinggian bagian (terendah) kolong kendaraan dengan permukaan jalan yang lebih tinggi disbanding mobil berjenis sedan, ini menyebabkan pusat massa dari kendaraan menjadi semakin jauh  dari permukaan tanah dan lebih rentan terjadi Rollover (terbalik) namun kelebihannya mampu melewati banjir atau genangan air hingga 50 cm tanpa membahayakan mesin atau sistim kelistrikan serta lebih handal melintasi jalan rusak tanpa merusak chassis.

Torsi Mesin Berlimpah

Pada umumnya mobil berjenis SUV memiliki torsi lebih besar, dimana rasio perbandingan gigi transmisi sengaja dibuat renggang agar mobil terasa lebih bertenaga, karakter ini harus dipahami  pemilik sejak awal khususnya saat melintasi permukaan jalan yang kurang memberikan cengkraman (licin, pasir, lumpur atau tumpahan oli).

Bobot Mesin

Bobot mobil SUV pasti lebih berat dibanding jenis mobil lain, untuk itu pengemudi harus lebih berhati-hati saat memacunya dengan kecepatan tinggi dikarenakan selain pusat masa yang tinggi, jarak pengereman SUV cenderung lebih jauh dibandingkan dengan mobil jenis sedan.

Pilihan SUV

Pertanyaannya, manakah jenis SUV yang pas (fitable) untuk wanita khususnya di wilayah perkotaan seperti Semarang dan kota-kota besar lainnya di Indonesia, dengan kondisi jalan raya yang semakin macet dan rentan banjir maka jalan-jalan tikus menjadi konsumsi rute sehari-hari.

Jika demikian SUV tipe Compact dan Mid-Size lebih pas, denagn ground clearance yang lebih tinggi dibanding sedan dan ukuran yang tidak merepotkan untuk melintas gang-gang kecil di perkotaan dan menghindari kemacetan, sementara ukuran Full-Size SUV akan sedikit merepotkan ketika harus masuk gang-gang kecil.

Penulis   : Krishandoyo Harinomo  (Manager PT Santosa Istana Mobil – Hyundai Semarang)   Editor     : Arhika Chrisma Rani

Profile Status
ACTIVE