Tips Jitu Merawat Wiper Mobil

98

Semarang, RestuMagz – Di musim penghujan, piranti mobil yang satu ini bisa disebut memiliki arti yang sangat penting yaitu “Windshield Wiper”, pada saat anda sedang mengemudi dalam kondisi hujan turun begitu deras maka kinerja wiper sangat membantu agar anda bisa tetap fokus memantau kondisi jalan.

Untuk itu ada baiknya anda mengetahui kondisi kelaikan wiper pada mobil kesayangan dengan cara mendeteksinya secara mudah yaitu pada saat wiper bekerja dan meninggalkan baret di kaca berarti wiper sudah tidak normal dan sudah saatnya untuk diganti baru.

Tips agar wiper mobil anda bisa lebih awet :

  1. Senantiasa melakukan servis rutin dibengkel resmi Hyundai, maka kondisi kelaikan dan fungsi kerja wiper bias terdeteksi.
  2. Angkat wiper saat parkir di bawah terik matahari, karena pantulan kaca itu menghasilkan panas dan membuat karet wiper menjadi keras dan rusak.
  3. Bersihkan karet wiper dianjurkan setidaknya seminggu sekali, cukup dengan lap kanebo dan air sabun setelah itu guyur dengan air bersih.
  4. Hindari mengisi tabung washer wiper dengan air sabun, karena jika terlambat atau kelamaan tidak diganti dapat menimbulkan lendir atau lumut yang membuat motor washer dan nosel washer menjadi mampet, disarankan cukup menggunakan air bersih.
  5. Jika windshield glass (kaca) mobil anda dalam kondisi kotor sebaiknya anda membersihkan secara manual dengan guyuran air dan lap yang bersih, tujuannya agar ketergantungan pada wiper dapat direduksi.

Secara umum, wiper mobil itu terdiri dari dua type, yang pertama karet wiper tidak menyatu dengan batangnya, sehingga jika karet wiper sudah rusak/aus anda tinggal mengganti karetnya (wiper rubber) saja tanpa batang, type yang kedua karet wiper menyatu dengan batangnya, sehingga apabila karet wiper sudah rusak/aus anda harus mengganti sekalian dengan batangnya (wiper blade assy).

Demikian semoga bermanfaat.

bb

Penulis   : Krishandoyo Harinomo  (Manager PT Santosa Istana Mobil – Hyundai Semarang)   Editor     : Arhika Chrisma Rani

Profile Status
ACTIVE