Tips Sayangi AC Mobil

72

Semarang – RestuMagz, Keberadaan fasilitas pendingin pada kabin mobil tentu memiliki arti penting, itulah mengapa jika AC mobil mulai bermasalah tentu membuat Anda dan penumpang lain menjadi kegerahan dan perjalanan menjadi tidak nyaman.

Nah, sebelum hal itu terjadi sebaiknya Anda bisa mengenali gejalanya yang secara umum tentang persoalan AC mobil yaitu ada dua indikasi yang perlu untuk dipahami.

 Pertama, tentu AC mobil tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau AC tidak dingin dan yang kedua AC tetap bisa dingin, namun hembusan angin yang dikeluarkan dari blower kecil.

Antisipasi termudah adalah tentu senantiasa mengikuti anjuran servis berkala setiap jarak tempuh 10 ribu kilometer di bengkel resmi, karena pada saat itu pengecekan kondisi kesehatan AC mobil akan dilakukan, termasuk penggantian filter AC setiap jarak tempuh 30 ribu kilometer.

Terkait dua masalah diatas, apabila AC mobil tetap dingin, namun hembusan angin terasa kecil berarti filter AC yang sudah sangat kotor dan kemungkinan sudah saatnya untuk diganti, sementara jika AC mobil sudah  tidak terasa dingin lagi, maka kemungkinan besar telah terjadi pengosongan Freon akibat adanya kebocoran pada system AC atau telah terjadi kerusakan pada mekanisme AC Compressor sehingga harus segera dilakukan perbaikan.

Untuk penggantian filter AC sendiri, gambaran biaya jasa kerja sudah termasuk dalam biaya servis berkala, sementara untuk perbaikan sytem AC karena adanya kebocoran Freon atau kerusakan pada mekanisme AC Compressor dikenakan biaya jasa terpisah.

Semoga bermanfaat.

Penulis   : Krishandoyo Harinomo  (Manager PT Santosa Istana Mobil – Hyundai Semarang)

Profile Status
ACTIVE