Waspada: Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi

117
Sumber: //tamil.boldsky.com

Seringkali beberapa orang menemukan darah saat sikat gigi, apakah hal tersebut adalah sesuatu yang normal?

Sikat gigi merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap orang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik. Adanya darah yang muncul saat gosok gigi merupakan salah satu tanda adanya gangguan pada kesehatan gigi dan mulut. Gusi yang berdarah adalah salah satu tanda adanya peradangan gusi atau Gingivitis.

Penyebab utama Gingivitis adalah karena adanya penumpukan karang gigi pada permukaan gigi dekat gusi. Pada karang gigi terdapat banyak bakteri yang menghasilkan produk bakteri/ toksin sehingga terjadi peradangan gusi. Saat gusi meradang akan terjadi pembengkakan pada gusi sehingga saat menyikat gigi akan mudah berdarah.

Faktor resiko lain yang memperburuk peradangan gusi adalah menstruasi, kehamilan, rokok, diabetes, efek samping obat-obatan tertentu atau genetik.

Pencegahan peradangan gusi yang utama adalah mencegah terbentuknya karang gigi dengan menyikat gigi secara rutin dan teknik yang benar. Jika terdapat karang gigi sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk melakukan tindakan pembersihan karang gigi/ scalling karena karang gigi tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi saja. Bila gingivitis masih terjadi segera konsultasikan pada dokter gigi untuk penanganan yang tepat.

Penulis : Indah Purwasih, S.KpG – Alumni Ilmu Keperawatan Gigi – Universitas Gadjah Mada Editor   : Franes Pradusuara

Profile Status
ACTIVE