3 Magic Words : Tolong, Terima Kasih, Maaf

163

Tahukah Anda ? bahwa terdapat 3 kata ajaib yang dapat orang tua ajarkan kepada anak sejak dini. Tiga kata ajaib tersebut adalah : tolong, terimakasih dan maaf.

Pada masa golden age yaitu pada usia 0-5 tahun merupakan masa-masa penting dimana orang tua dapat mengajarkan mengenai nilai-nilai moral pada anak. Pada masa ini, pembentukan sistem syaraf secara mendasar sudah terjadi. Jika sejak dini anak sudah diajarkan mengenai nilai-nilai terpuji, maka hal tersebut akan terekam dalam alam bawah sadarnya sehingga dapat menjadi pedoman anak untuk berperilaku di kemudian hari.

Tetapi, terkadang orang tua lupa untuk mengajarkan hal-hal yang sederhana pada anak, contohnya saja tolong, terimakasih dan maaf. Padahal 3 kata ajaib tersebut sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi menjadi seorang manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain atau biasa disebut dengan makhluk sosial.

Kata ajaib yang pertama adalah tolong, dengan mengucapkan kata tolong berarti orang lain akan merasa bahwa dirinya adalah orang yang penting yang diharapkan mampu untuk memberikan bantuannya pada kita. Adanya perasaan spesial yang kita berikan, maka orang tersebut kemungkinan besar akan terdorong untuk memberikan bantuannya.

Kata ajaib yang kedua adalah terimakasih. Kata terimakasih yang diucapkan secara tulus mampu memberikan penghargaan pada orang lain. Dengan menghargai orang lain maka orang tersebut juga akan menghargai kita.

Kata ajaib yang ketiga adalah maaf, dengan membiasakan mengucapkan kata maaf setiap kali membuat kesalahan akan  membuat anak lebih peka dengan lingkungan sekitar. Dengan mengucapkan kata maaf diharapkan anak dapat menyadari kesalahan yang sudah ia perbuat sehingga diharapkan anak tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.

Jadi, itulah 3 kata ajaib yang perlu diajarkan pada anak mulai dari sejak dini. Berikan perlakuan yang baik untuk orang lain apabila ingin diperlakukan baik juga.

 

Penulis : Mayzora Ratnasari Rizki dan Anisa Kurnia Dewi

Mahasiswi jurusan psikologi universitas negeri semarang

Profile Status
ACTIVE