ASIKNYA NAIK GUNUNG part 2 (Packing)

496

Pada episode kali ini, kita akan membahas cara packing barang-barang didalam tas gunung. Dengan packing yang benar, Apakah tata letak barang didalam tas itu mempengaruhi perjalanan kita dalam mendaki gunung? Jawabnya jelas mempengaruhi, jika kita packing dengan benar tas yang kita bawa akan terasa nyaman, aman dan lebih ringan.

Hal yang pertama, semua barang yang akan dibawa diletakkan jadi satu dilantai. Pisahkan barang yang ringan dan yang berat, contoh barang yang ringan seperti sleeping bag, jaket, dan pakaian ganti. Contoh barang yang berat seperti peralatan masak dan bahan makanan. Pisahkan juga barang-barang yang pasti dibutuhkan selama perjalanan, seperti ponco/jas hujan, tempat minum.

Tas carrier dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya :

  1. Bagian bawah (posisi dekat pinggang)

Bagian ini kita isi dengan barang-barang yang ringan, sleeping bag, jaket, pakaian ganti.

  1. Bagian tengah (posisi dekat punggung)

Barang-barang yang berat sebaiknya ditaruh dibagian tengah, seperti peralatan masak, bahan makanan, tempat supplai air/jerigen, tenda, dan kotak P3K

  1. Bagian atas (kantong tas bagian atas)

Taruhlah jas hujan, tempat minum.

Sedangkan matras letakkan secara melingkar di dalam tas carrier supaya peletakkan barang lebih rapi dan padat. Usahakan jangan sampai ada rongga didalam tas carrier karena jika tidak padat akan mempengaruhi berat tas, lebih padat akan lebih ringan. Untuk frame tenda, kalian bila sisipkan di sisi samping tas bagian dalam. Begitu juga jika kalian membawa peta, masukkan peta kedalam peralon/pipa yang tertutup terlebih dahulu lalu sisipkan sisi samping lainnya.

Semua barang-barang tadi bungkus dengan kantong plastik besar supaya tidak basah jika dalam perjalanan hujan.

Atur posisi tas (tali-tali tas) sehingga bagian bawah tas sejajar dengan pinggang bukan dibawah pinggang, ini mempengaruhi berat ringannya pundak kita dalam memakai tas carrier.

 

sumber  //adventurestore.co.id/blog/manajemen-packing-ransel/

Sekian dulu, nantikan “ASIKNYA NAIK GUNUNG” part 3

Penulis : Hatta Merdeka (Tim Brandcomm Restu Group) #jagalahalamhutandanlestarikanselalu

Profile Status
ACTIVE