BPR Restu Group Peduli Literasi Keuangan & Dunia Kerja

128

BPR Restu Group selalu berkomitmen untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya dengan program literasi keuangan dan dunia kerja yang baru-baru ini telah dilaksanakan di SMK Ignatius Semarang. Program yang dilakukan pada hari Sabtu 25 Februari 2017 ini terlaksana dengan kerja sama  Yayasan Insan Sekolah Kasih dan program Eqwip-Hubs Semarang yang menghadirkan pembicara FX Teguh  Widodo Purnomo, SE dari PT BPR Restu Mranggen Makmur dan Niko Wahyu Eko Putranto,AMd dari PT BPR Restu Artha Makmur.

Acara yang dilaksanakan di SMK Ignatius Semarang di Jalan Tegalsari VIII nomor 26 Kota Semarang ini dihadiri oleh parasiswa kelas XII SMK Ignatius, Kepala SMK Ignatius Semarang, Project Coordinator Empowering Tegalsari – Eqwip-Hubs Semarang, dan Komisaris BPR Restu Group.

Literasi keuangan yang merupakan program edukasi perbankan kepada masyarakat merupakan tanggungjawab sosial pelaku usaha perbankan. Program ini diberikan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas secara praktis tentang dunia perbankan, dengan menghadirkan pembicara yang merupakan praktisi di bidangnya.

Pembicara FX Teguh Widodo Purnomo, SE yang merupakan Direktur Utama PT BPR Restu Mranggen Makmur memberikan materi tentang perkreditan dan kaitannya dengan semangat berwiraswasta yang perlu dimiliki oleh siswa SMK Ignatius. “Mulailah dari usaha yang sederhana ketika masih duduk di bangku SMK. Ketika sudah memiliki pasar yang jelas dan usaha sudah semakin berkembang, silakan mencari fasilitas kredit di bank,” kata Teguh.

Selain membahas perkreditan, acara ini juga memberikan gambaran tentang tabungan dan deposito. Niko Wahyu Eko Putranto, A.Md dari PT BPR Restu Artha Makmur memberikan materi tentang jenis-jenis tabungan dan deposito serta manfaatnya. “Menabung perlu dilakukan sejak masih duduk di bangku SMK dengan menyisihkan uang saku. Ini berguna untuk mendidik disiplin diri dalam menjaga perilaku hidup konsumtif. Selain aman karena dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan, sekarang ini produk tabungan BPR Restu juga berhadiah sepeda motor, mobil, maupun uang tunai,” kata Niko.

Komisaris BPR Restu Group Ir. Constantinus, MM dalam pelatihan tersebut memberikan materi tentang gambaran dunia kerja pada umumnya, dan di dunia perbankan pada khususnya. “Untuk memasuki dunia kerja yang persaingannya begitu ketat, siswa harus mempunyai tujuan hidup yang jelas sejak masih duduk di bangku sekolah. Dengan memiliki  tujuan hidup yang jelas,para siswasudah tahu apa saja yang harus disiapkan dari aspek psikologis maupun kompetensi sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan ditekuni nantinya,” ungkap Constantinus.

Agnes  Wiji Astuti, S.Pd. selaku Kepala SMK Ignatius Semarang di sela-sela acara tersebut mengatakan bahwa SMK Ignatius Semarang terus meningkatkan kualitas siswanya dengan mengadakan berbagai pelatihan soft skill di luar mata pelajaran umum di sekolah, guna meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, dan kepemimpinan. Senada dengan itu, Maria Christina R.T.L selaku Project Coordinator Empowering Yayasan Insan Sekolah Kasih Eqwip-Hubs Semarang menjelaskan bahwa siswa perlu mendapatkan pelatihan soft skill di luar pelajaran sekolah sebagai bekal pelengkap untuk berwiraswasta, menjadi karyawan, maupun meneruskan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi.

Profile Status
ACTIVE