Semarang, RestuMagz – Setelah mengetahui manfaat daun pegagan, dan cara membuat olahannya, maka dibawah ini akan disampaikan cara menanam pegagan di lahan terbatas.

Adapun tahapan budidaya pegagan sebagai berikut :
a. Tahap Persiapan Media Tanam
Tahap persiapan meliputi persiapan media tanam.  Tujuan dari pengolahan media tanam adalah untuk membuat kondisi fisik tanah cukup remah dan gembur guna menunjang pertumbuhan yang baik bagi tanaman.  Secara praktis media tanam bisa memanfaatkan pekarangan rumah (ukuran 1m X1m) atau menggunakan pot.
b. Tahap Persiapan bibit
Bibit harus berasal dari tanaman yang benar-benar sehat, kuat serta tidak terserang hama dan penyakit. Secara umum pegagan dapat dikembangbiakan dengan biji dan stolon. Namun, penulis menyarankan menggunakan stolon (tunas dari akar).   Stolon yang diambil sudah berakar dan setiap ruas dengan panjang stolon minimal 3 ruas.
c. Tahap  Penanaman
Bibit pegagan berusia 4-6 minggu dianjurkan ditanam dengan jarak 20×20 cm dan langsung dilakukan penyiraman atau menyesuaikan ukuran pot jika menggunakan pot tanam
d. Tahap Pemeliharaan tanaman
Pemeliharaan dilakukan untuk mendapatkan pegagan yang sehat dan berkualitas, meliputi :
– Penyiraman dilakukan 1-2 kali setiap hari, tergantung kondisi lahan.
– Pemupukan dilakukan 2-3 kali tiap 1 kali masa tanam, yaitu saat awal penanaman, pertengahan pertumbuhan vegetatif dan saat siap waktu.
– Penyulaman dimaksudkan untuk mengganti tanaman yang tidak berhasil tumbuh dan dilakukan setelah tanaman berumur 2-4 minggu di lahan.
– Penyiangan dimaksudkan untuk menghindari tumbuhnya tanaman pengganggu serta untuk memperbaiki struktur tanah dan dilaksanakan 1-4 minggu setelah tanam dan selanjutnya dilakukan secara rutin tiap 1 bulan.
e. Tahap Penanggulangan hama penyakit
Dianjurkan untuk menggunakan pestisida nabati (baca artikel sebelumnya: //www.magz.restubpr.com/biopeptisida-nabati-usir-serangan-ulat-bulu-dari-kebun-anda.html) guna mengendalikan hama belalang, ulat, dan siput pemakan daun.  Usaha preventif yang dapat dilakukan adalah menjaga keseimbangan kelembaban tanah.
f. Tahap Penanganan Panen
Saat pemanenan adalah pada saat tanaman umur 3-6 bulan. Pemanenan pegagan yang dilakukan sebanyak 3 kali dengan cara memotong tanaman dari pangkal, dengan alat yang bersih dan tajam (kami anjurkan menggunakan gunting).

Demikian lah cara sederhana menanam tumbuhan pegagan yang praktis dan dapat dipraktekan dirumah.  Selamat mencoba…

Tetap sehat, produktif, dan bahagia.

 

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                               Ilustrasi :  Gambar Daun Pegagan (Sumber: //jepretanhape.files.wordpress.com)