Cara Sederhana Membuat Ekstrak Daun Pegagan Di Rumah

6482

Semarang, RestuMagz – Setelah artikel sebelumnya mengupas tentang khasiat tanaman pegagan dan cara membuat jus sehat berbahan dasar daun pegagan, maka artikel ini akan mengupas tentang cara sederhana membuat ekstrak daun pegagan untuk mereka yang tidak begitu suka dengan rasa khas pegagan, dan supaya lebih praktis dapat dibawa kemana saja.

Dibawah ini akan dipaparkan cara sederhana membuat ekstrak daun pegagan, sebagau berikut:

Bahan dasar: Daun pegagan segar,  dan Kapsul kosongan (berbahan gelatin sapi)

Alat pengolahan: Pisau, Blander, Sendok kecil, Saringan, Mangkok Besar, Botol Kaca/Plastik ukuran 250 ml

Cara pembuatan:

  • Ambil daun pegagan secukupnya, lalu cuci bersih dengan air mengalir, dan kemudian di cuci dengan air matang, kemudian tiriskan.
  • Potong-potong daun pegagan seukuran lidi
  • Tempatkan daun pegagan pada tempat khusus lalu kemudian dijemur sampai kering (jika hari panas, maka hanya butuh 2 hari untuk mendapatkan kekeringan yang ideal)
  • Jika sudah kering, maka haluskan daun pegagan tersebut dengan cara di blander.
  • Tempatkan daun pegagan yang sudah halus pada mangkuk khusus untuk kemudian dimasukan ke kapsul kosong yang sudah tersedia.
  • Setelah semua ekstrak daun pegagan sudah dimasukan kedalam kapsul kosong, maka masukan kapsul-kapsul tersebut kedalam botol kaca/botol plastik yang sebelumnya telah di beri silika gel untuk menjaga kelembaban kapsul selama penyimpanan.

Demikian lah cara sederhana membuat ekstrak daun pegagan yang praktis dan dapat dipraktekan dirumah.  Selamat mencoba…

Tetap sehat, produktif, dan bahagia.

 

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                               Ilustrasi :  Gambar Daun Pegagan (Sumber: Dokumen Pribadi Penulis)

Profile Status
ACTIVE