Congklak dan Peluang Untung

24

Di era gadget sekarang ini, aplikasi game banyak tersedia di android. Salah satu yang diusung oleh pembuat game, yaitu permainan tradisional. Aplikasi game congklak tak luput dari karya ini, salah satu tujuan yang ingin dicapai yaitu memperkenalkan permainan congklak atau dakon ini kepada generasi gadget, sehingga permainan ini tidak punah. Salah satu bentuk karya anak bangsa yang peduli dengan kelestarian permainan tradisional.

Secara nyata, papan congklak biasanya terbuat dari kayu atau plastik, yang terdiri 14 lubang kecil berukuran sama pada bagian kanan dan kirinya, dan dua lubang besar (lumbung) di ujung kanan dan kiri. Setiap lubang kecil diisi oleh 7 buah biji congklak (biasanya terbuat dari plastik berbentuk cangkang kerang, biji-bijian, atau batu-batuan kecil). Sekarang ini bahkan ada papan congklak dari plastik yang dapat dibongkar pasang, jadi kalau mau dibawa tinggal di bongkar supaya hemat tempat.

Permainan ini diawali dengan suit atau dengan bermain bersamaan oleh dua pemain sekaligus. Pemain harus memilih lubang untuk diambil bijinya dan kemudian mengisi lubang berikutnya, hingga sampai mengisi lubang milik lawan, dan seterusnya sampai mendapatkan lubang yang kosong.

Bila biji congklak habis di lubang kecil yang berisi biji lainnya, pemain dapat mengambil biji tersebut dan melanjutkan mengisi, bila habis di lubang besar miliknya maka ia mendapatkan kesempatan khusus dengan memilih lubang kecil di sisinya. Bila ternyata habis di lubang kecil di sisinya maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan (milik lawan). Tetapi bila berhenti di lubang kosong di sisi lawan maka pemain berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa.

Cara menentukan pemenang dalam permainan ini adalah jika sudah tidak ada biji yang dapat diambil atau dibagikan terhadap lubang besar (lumbung) dan pemain yang dapat mengumpulkan biji terbanyak itu merupakan pemenang dalam permainan.

 

Restumagz akan mengajak kita semua melihat sisi lain dari permainan congklak, cekidot (check it out)………

Selain dapat menghibur, secara tidak disadari, permainan ini melatih jiwa berdagang, kecepatan mengambil keputusan, dan ketajaman berpikir mengambil peluang untung.

Melatih jiwa berdagang : pada saat bermain congklak, kita mempunyai tujuan mengisi lumbung dengan keuntungan biji-biji congklak yang kita jalankan. Kita harus mempunyai strategi untuk mencapainya agar lumbung kita terisi lebih banyak dibanding milik lawan, dengan modal awal yang sama yaitu 7 lubang yang terisi masing-masing 7 biji congklak (49 biji per pemain).

Kecepatan mengambil keputusan : kita harus menentukan secara cepat biji di lubang mana yang harus kita jalankan, tentunya dengan perkiraan yang juga tepat, karena kita tidak diperbolehkan menghitung terlebih dahulu jumlah biji yang ada di lubang tersebut. Dengan analisa singkat, maka kita berharap dapat memperkirakan biji terakhir yang kita jalankan habis di mana, untuk dilanjutkan strategi berikutnya. Jika kita terlalu lamban dalam menentukan pilihan di lubang mana kita akan mulai menjalankan biji congklak, tentunya lawan bermain kita akan kecewa dan mengatakan curang.

Ketajaman berpikir mengambil peluang untung : ini sangat terasa pada saat kita dihadapkan dengan jumlah biji congklak yang semakin sedikit, yang berarti keterbatasan modal biji congklak yang kita bisa jalankan. Maka kita harus melihat peluang di mana jika biji congklak yang kita jalankan habis, maka kita mempunyai peluang mengambil biji congklak yang di sisi lawan (berhadapan) yang merupakan keuntungan kita. Dengan modal sedikit, kita dapat mengambil keuntungan maksimal.

Demikian ulasan sisi lain dari bermain congklak, ternyata masih relevan kan manfaatnya untuk kita yang sudah dewasa ?!

Jadi, mari kita lestarikan secara bangga permainan tradisional yang merupakan warisan budaya….

 

Penulis : Gita Mega Ferita, S.IP. (Corporat Secretary BPR Restu Group)

Profile Status
ACTIVE