Datang dan Saksikan Pasar Tiban SAM POO KONG

255
Pintu masuk halaman Klenteng Sam Poo Kong yang dipenuhi penjual setiap hari Sabtu – Minggu sejak sore hingga malam hari (Foto: Pramita Dwi Aryani)

Semarang, RestuMagz – Jika Anda melintasi jalan depan Klenteng Sam Poo Kong di hari Sabtu dan Minggu pada sore hingga malam hari, Anda akan melihat ada suasana yang ramai dan meriah. Itulah yang sering disebut “Pasar Tiban”.

Pasar tiban biasa menjadi sebutan bagi keramaian penjual dan pembeli yang dilakukan pada hari tertentu dan di tempat tertentu. Barang yang dijual beraneka ragam, dari makanan ringan, pakaian, minuman hingga bahan masakan. Selain penjual, ada juga beberapa mainan yang ditawarkan seperti odong-odong, memancing ikan atau mobil remote control.

Menurut salah satu penjual makanan, untuk berjualan di lokasi ini harus mendaftar kepada pengelola Organisasi Pedagang Kaki Lima Depan Sam Poo Kong. Ada sejumlah biaya retribusi kebersihan yang harus dibayar setiap kali penjual akan menjajakan dagangannya. Setiap pedagang mendapatkan kartu sebagai tanda anggota yang harus dibawa ketika membayar biaya retribusi.

Anda penasaran seperti apa suasananya? Silahkan datang ke lokasi ini, tapi harus siap juga dengan kemacetannya yaa. Oia, jangan lupa untuk selalu waspada dengan barang bawaan Anda karena akan berdesakan dengan pengunjung lain. Selamat berbelanja.

Penulis : Pramita Dwi Aryani  (Jurnalis PT BPR Artha Mukti Santosa)                               Editor   : Franes Pradusuara

0 comments
Profile Status
ACTIVE