Disindir Pacar Kegemukan, Siswi SMP Terjangkit Bulimia

92

Semarang, RestuMagz – Malam tadi saya dikejutkan mendengar berita dari adik saya bahwa temannya yang masih SMP dirawat dirumah sakit karena Bulimia.  Kasus ini  terjadi ternyata hanya karena beberapa bulan sebelumnya yang bersangkutan disindir pacarnya “kegemukan”.  Karena perasaan minder dan ingin menunjukan bahwa dia bisa kurus lagi, maka yang bersangkutan memutuskan untuk menjalani pola diet Bulimia tersebut.

Sebenarnya saya sudah tidak asing lagi dengan istilah Bulimia, dulu teman SMA saya melakukan hal yang sama supaya mendapatkan tubuh yang menurut dia ideal.  Namun, tahun lalu  saya berkesempatan bertemu dia lagi dan teman saya itu sudah berhenti melakukan kebiasaan itu karena dia tau bahayanya.

Bulimia adalah kelainan cara makan yang terlihat dari kebiasaan makan berlebihan yang terjadi secara terus menerus. Bulimia adalah kelainan pola makan yang bisa terjadi pada pria atau wanita. Kelainan tersebut biasanya merupakan suatu bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri. Yang paling sering dilakukan oleh lebih dari 75% orang dengan bulimia nervosa adalah membuat dirinya muntah, kadang-kadang disebut pembersihanpuasa, serta penggunaan laksatifenemadiuretik, dan olahraga yang berlebihan juga merupakan ciri umum.

Bahaya bulimia ini disebabkan oleh perilaku makan berlebihan dan kemudian membersihkannya dengan cara memuntahkannya atau menggunakan obat pencahar yang terjadi secara berulang. Berbagai macam organ akan rusak akibat pembersihan secara ekstrim ini, seperti dibawah ini:

  • pembengkakan kelenjar ludah di pipi
  • Pengikisan email gigi akibat bulimia yang sering muntah dan mengeluarkan asam lambung
  • Kadar kalium yang rendah dalam darah.
  • Gigi sensitive terhadap panas atau dingin
  • Masalah pada kelenjar ludah yang berupa rasa nyeri atau pembengkakan
  • Paparan asam lambung berlebih pada kerongkongan bisa menyebabkan borok, pecah atau penyempitan.
  • Terganggunya proses pencernaan akibat pencahar, bisa mengakibatkan disfungsi organ pencernaan .
  • Ketidakseimbangan cairan tubuh akibat stimulus zat diuretic secara berlebih.

(sumber: //id.wikipedia.org)

Demikian sedikit ulasan dari saya berdasarkan informasi yang saya dapatkan.

Tetap sehat, produktif, dan bahagia.

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                             Ilustrasi :  // vemale.com

Profile Status
ACTIVE