Fakta Tentang Manfaat Infused Water

151

Pernah melihat orang menenteng botol air mineral yang diisi dengan potongan lemon atau buah-buahan lain? itulah yang dinamakan dengan infused water. Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral. Setelah diaduk, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk setidaknya dua jam agar rasa dan sari buah menyatu dengan air.

Infused water atau spa water atau dalam bahasa indonesia disebut air infus tengah menjadi trend kesehatan yang baru baik diluar negeri dan kini merebak sampai ke Indonesia.  Di luar negeri, Infused water dipopulerkan oleh blogger asal oregon AS bernama Amy Pogue. Ia sendiri mengaku terinspirasi oleh ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon didalamnya.

Infused water adalah air putih yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.

Keunggulan air infus atau infused water adalah :

– Bahan yang mudah diperoleh

– Cara membuatnya mudah dilakukan oleh siapa saja

– Buah atau herbalnya mengandung zat gizi dan mineral yang baik untuk kesehatan

– Membantu kita untuk mengkonsumsi air lebih banyak dan membantu mereka yang tidak suka buah agar lebih menyukai buah.

– Dapat menciptakan banyak macam rasa, aroma sesuai yang di inginkan

– Membantu proses detoksifikasi (mengeluarkan racun) tubuh

– Membantu mengendalikan berat badan

Membuat infused water dapat menggunakan setengah liter air dan satu buah dimana buah yang digunakan usahakan yang memiliki rasa asam (acid) atau netral karena rasa manis cenderung menimbulkan rasa bosan jika diminum dalam jumlah banyak. Beberapa buah yang bisa digunakan untuk air infus adalah anggur, apel, belimbing, buah naga, jeruk nipis, kiwi, lemon, nanas, mangga,mentimun, jeruk/orange.

Pada prinsipnya, infused water tidak hanya berisi irisan buah tapi juga bisa dimasukan herbal atau rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, daunt mint, daun kemangi, serai dan lain sebagainya.

Infused water dapat menjadi jalan tengah bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi air mineral. Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan mengonsumsi sekitar 2 liter cairan per hari. Mengonsumsi cairan yang cukup, baik itu air putih biasa atau infused water penting untuk fungsi normal tubuh dan mencegah dehidrasi. Selain itu akan menjaga ginjal tetap sehat dan menghindari kondisi seperti batu ginjal, konstipasi dan wasir.

Penulis : Arhika Chrisma Rani (Brand Communication BPR Restu Group)

Profile Status
ACTIVE