Karyawan Juga Harus Sarapan

85

Semarang, RestuMagz –   Sore kemarin saya menjenguk teman saya yang dirawat di rumah sakit karena asam lambungnya kumat.  Setelah berbicara panjang lebar, akhirnya saya mengetahui sakitnya teman saya ini dikarenakan pola makannya yang tidak teratur.  Dia adalah salah satu karyawan front office di Bank BUMN di Kota Semarang, karirnya sedang baik disana.  Karena pekerjaan yang menuntut cepat, dan seringnya pulang larut malam, maka seringkali paginya dia lupa sarapan.

Sarapan sebenarnya sangat penting untuk kita semua, karena dengan sarapan yang cukup maka kebutuhan energi akan tercukupi.  Sarapan tidak harus mahal, tetapi harus tetap memperhatikan kandungan gizinya.  Menu sarapan yang baik harus mengandung kadar protein yang tinggi (telur, daging, tahu, tempe, ikan, susu), serat yang tinggi (sayuran, buah-buahan), karbohidrat yang cukup (nasi hitam, nasi merah, kentang, jagung, ubi), dan rendah lemak.

Yang perlu dihindari saat sarapan adalah lemak yang tinggi,  kadar gula yang tinggi, dan jangan terlalu kenyang. Alih-alih sarapan yang banyak, ternyata malah sampai kantor mengantuk karena kekenyangan.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, tetap sehat, produktif, dan bahagia.

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                   Ilustrasi : www.resepmasakan-sunda.blogspot.com

Profile Status
ACTIVE