Kilau Tahun Baru 2016 di Semarang

100

Semarang, RestuMagz – Awal tahun 2016 disambut dengan suka cita oleh masyarakat kota semarang. Kita bisa lihat dari persiapannya, mulai dari maraknya penjual terompet dan kembang api di toko- toko, di supermarket bahkan di sepanjang jalan kota Semarang. Pemandangan tersebut berlangsung tidak hanya satu atau dua hari saja sebelum pelaksanaan tahun baru tetapi jauh – jauh hari, sebelum natal berlangsung.

Memang sudah menjadi budaya masyarakat untuk merayakan tahun baru, masing – masing mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda dalam merayakannya, ada yang hanya sekedar ingin melihat kilauan kembang api, ada juga yang cuma ikut – ikutan begadang karena esok harinya libur, tetapi ada juga yang menganggap bahwa tahun baru adalah kehidupan baru, artinya kita meninggalkan lembaran lama di tahun 2015 dan membuka lembaran baru 2016. Harapan – harapan yang belum terwujud di tahun 2015 bisa terwujud di tahun 2016. Mereka yang mempunyai anggapan tersebut merayakan tahun baru dengan berdoa atau melepaskan lampion yang berisi harapan – harapan mereka di tepat pukul 00:00, mereka percaya harapan- harapan mereka akan terwujud di tahun 2016.

Tetapi tetap saja momen yang paling ditunggu – tunggu adalah pesta kembang api, tanpa kembang api tahun baru sangatlah kurang meriah, seperti kata peribahasa “Bagai sayur tanpa garam”, pastilah sangat  hambar rasanya. Maka dari itu, pesta kembang api sangatlah berperan penting dalam momen pergantian tahun ini.

Biasanya untuk pesta kembang api di malam tahun  baru, pemerintah kota semarang memberikan subsidi tersendiri untuk memeriahkan acara pergantian tahun. Pesta kembang api dilaksanakan di beberapa tempat di kota semarang, yaitu di Simpang Lima semarang, di Daerah Gombel, di Tugu Muda,  di Pantai Marina dan masih banyak tempat lain di kota semarang yang berpesta kembang api. Walaupun kondisi jalan sangat macet, tetapi masyarakat tidak putus asa untuk menuju ke tempat tersebut.  Hotel – hotel di daerah semarang juga membuat event pesta kembang api yang di iringi live musik di perayaan pesta pergantian tahun. Bahkan ada yang berpesta kembang api di rumah sendiri bersama keluarga. Sangatlah bervariatif sekali cara- cara masyarakat merayakan tahun baru. Tetapi semua itu tetap pada satu tujuan yaitu bisa menjadi lebih baik di tahun 2016.

Penulis : Zhulya Setia Anggraeini (Jurnalis BPR Restu Artha Makmur)
Editor  : Arhika Chrisma Rani

Profile Status
ACTIVE