Kuliner Asik Saat di Gunung

1219

“MEMASAK MAKANAN YANG LEBIH BERGIZI AKAN

MEMBAWA SUASANA DIGUNUNG LEBIH ASIK DAN LEBIH MENANTANG”

Persiapan untuk mendaki gunung nggak ribet banget yang terpenting keselamatan untuk kalian sendiri seperti contohnya makanan. Hal yang terpenting adalah makanan, ini tergantung dari berapa lama kalian akan mendaki gunung. Semakin lama kalian mendaki, semakin banyak suplai makanan yang harus kalian bawa.

Kebanyakan orang berpikir naik gunung itu bawa makanan yang cepat saji seperti mie instan. Itu memang benar, tapi cobalah kita lebih kreatif untuk hal makanan seperti kalian kreatif memilih naik gunung sebagai pilihan dari kegiatan outdoor. Beberapa contoh makanan cepat saji yang mudah didapat seperti :

  1. Mie instan

Makanan ini seperti sudah menjadi tradisi orang naik gunung. identiknya kalau naik gunung harus bawa mie instan, itu dah wajib kayaknya.

  1. Sarden

Ikan sarden kalengan ini sudah menjadi lauk andalan para pendaki gunung.

  1. Kornet

Lauk ini dianggap mewah kalau digunung, karena terbuat dari daging sapi.

 

Jika kita lebih kreatif, naik gunung tidak identik dengan makanan instan yang penuh dengan bahan pengawet, agak ga sehat kan? Cobalah untuk kreatif dengan membawa bahan makan sendiri untuk dimasak diatas gunung. Selain melatih kemandirian kita yang jauh dari rumah, hal ini juga melatih mental kita untuk bertahan hidup dialam bebas. Seperti contoh kita bawa sayuran kol/kubis, sawi hijau, bakso. Bahan sayuran tadi bisa ditambahkan di mie instan, supaya lebih sehat. Mie instan juga bisa ditambahkan dengan telur agar asupan protein masuk ke tubuh kita.

sajian mie instan dicampur dengan sayuran

sumber : //sugarandspiceandeverythingnice.wordpress.com/2014/12/26/dua-malam-dan-dua-hari-di-bekasi/

 

Jika ingin lebih menantang, bawalah bahan sayuran yang agak komplit seperti kacang panjang, kol/kubis, buncis, wortel, terong, tempe dan beli sedikit bahan bumbu siap saji yang sudah banyak dijual di pasar tradisional atau mini market, masaklah sayur lodeh ala anak rimba yang dijamin pasti enak rasanya dan bergizi. Kalian juga bisa membuat sop sederhana tapi istimewa dengan berbekal sawi hijau, sosis, kol/kubis, bakso, lezat abis!! Banyak yang menjual bumbu yang sudah jadi di pasar atau mini market terdekat, sehingga kalian bisa masak sayur apa saja sesuka kalian.

 

//1.bp.blogspot.com/-l5q1FKJC25o/VgK7nNC7bdI/AAAAAAAAA_c/S_9pFH2fo2I/s1600/IMG_7570.JPG

bahan makanan waktu digunung

sumber : //kertas-daurulang.blogspot.co.id/

IMG_6409

dapur alam yang asik

sumber : //solehudingoldhikmatiar.wordpress.com/

sayur sop petualang

sumber : //codymavs.wordpress.com/2011/05/24/pendakian-ceria-gunung-gede/

 

//www.isukepri.com/wp-content/uploads/2013/03/bumbu-2.jpg

bumbu jadi dipasar tradisional

sumber : //www.isukepri.com/2013/03/waspadai-bumbu-instan/

//bumbumasaktradisional.files.wordpress.com/2012/07/100_1127.jpg?w=300&h=224

bumbu jadi dalam kemasan

sumber : //bumbumasaktradisional.wordpress.com/about/

Sayur-sayuran yang sudah dimasak tadi lebih bergizi jika didampingi dengan nasi. Cara masak nasi jika digunung mudah banget, cukup memasukan beras kedalam nasting (panci lapangan) lalu dimasak dengan air, atau beras secukupnya dimasukan kedalam plastik kiloan lalu kita lubangi dengan lidi, kemudian masukan kedalam panci lapangan yang berisi air. Masak sampai mendidih, cek jika nasi sudah matang lalu angkat.

kochbeutel - lontong_web

beras bungkus plastik

sumber : //studi-di-jerman.com/cara-bikin-lontong-di-jerman/

Selain membawa bahan makanan tersebut diatas, kalian juga perlu membawa makanan yang berserat, agar digunung tidak gampang sakit. Contoh makanan berserat antara lain agar-agar, nata jelly, dll.

Nah, gampang kan cara masak sehat ala anak petualang sejati? Jadi, pastikan ketika kita naik gunung asupan gizi tetap terjaga dan pendakian gunung akan lebih asik dengan acara masak memasak kreatif dialam bebas.

 

Selamat berpetualang..!!

 

Ditulis oleh : Hatta Merdeka

Tim Brandcomm BPR Restu Group

 

 

 

Profile Status
ACTIVE