Mari Berkebun untuk Hidup Lebih Sehat

88

Semarang, RestuMagz – Libur bersama Idul Fitri sudah selesai, saatnya kembali kerutinitas. Selama libur bersama idul fitri saya pulang ke kampung halaman di Ciamis – Jawa Barat.

Kebetulan di sana, uwa saya sedang panen cabai. Cabai di sana sehat-sehat dan bagus kualitasnya, sayangnya uwa menanam cabai bukan untuk tujuan komersial tapi lebih kearah tujuan penelitian.

Berkebun adalah hal sederhana yang bisa dilakukan siapa saja.  Dengan berkebun kita bisa menghilangkan kepenatan rutinitas kantor.  Selain itu juga, dapat manfaat lain berupa hasil panen dari tanaman yang kita tanam.

Tanaman yang cocok ditanam di halaman rumah adalah cabai, tomat, sawi, kol, buncis, dan sayuran lainnya.  Tanaman jenis ini tidak memerlukan perawatan khusus, cukup dipupuk, disirami dengan teratur, dan disiangi rumput pengganggunya secara berkala.

Dengan mengkonsumsi bahan makanan hasil kebun sendiri, kita bisa mengetahui sejauh mana kualitas kesehatannya.  Demikian yang dapat saya sampaikan, tetap sehat, produktif, dan bahagia.

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                           Ilustrasi : Dokumen pribadi penulis

 

 

Profile Status
ACTIVE