Menyambut Baik Kebijakan Pemerintah Terkait Kantong Plastik Berbayar

77

Semarang, RestuMagz – Seperti sudah kita ketahui, beberapa minggu ini pemerintah sudah mencetuskan kebijakan terkait kantong plastik berbayar.  Lalu bagaimana tanggapan masyarakat, khususnya masyarakat kota semarang.

Ditemui disalah satu minimarket di daerah Jl Majapahit – Kota Semarang, salah seorang ibu rumah tangga yakni konsumen minimarket tersebut menyatakan tidak keberatan dengan adanya kebijakan kantong plastik berbayar tersebut, malah yang bersangkutan menyatakan dukungannya untuk terus dijalankan supaya penggunaan kantong plastik di Kota Semarang semakin menurun.

Dampak penggunaan kantong plastik berlebih memang sangat mengganggu lingkungan. Salah satunya adalah menjadi penyebab terjadinya banjir, mencemari tanah dan air, dan masalah kesehatan.

Dengan diberlakukannya kebijakan kantong plastik berbayar, maka diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kantong belanjaan dari rumah sehingga lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

Selanjutnya, apakah kebijakan penggunaan kantong plastik berbayar itu sudah berlaku di pasar-pasar tradisional?? dijajanan kaki lima??….  Padahal ditempat-tempat seperti itulah yang banyak menggunakan kantong plastik dalam transaksinya.

Sebenarnya, ada dan tidaknya kebijakan tentang kantong plastik berbayar, kita sebagai bagian dari masyarakat berkewajiban dalam memelihara lingkungan.  Maka, mulai saat ini marilah kita mengurangi penggunaan kantong plastik dalam aktivitas kita, dan beralih kekehidupan yang lebih ramah lingkungan.

Tetap sehat, produktif, dan bahagia.

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                               Ilustrasi :  Gambar Kantong Belanja Lipat (Sumber: //www.lucu-unik-murah.com)

Profile Status
ACTIVE