PATUNG LAKSAMANA ZHENG HE (CHENG HO)

191
Patung Laksamana Cheng Ho seorang Laksamana dari Cina yang mendarat di Semarang (Foto: Pramita Dwi Aryani)

Semarang, RestuMagz – Laksamana Zheng He atau dikenal juga dengan nama Laksamana Cheng Ho seorang Laksamana dari Cina yang mendarat di Semarang sebagai duta perdamaian. Laksamana Cheng Ho disebut pertama kali mendarat di sebelah barat daya Semarang tepatnya di daerah Simongan.

Sebagai penanda tempat pendaratannya didirikan sebuah Klenteng yang bernama Klenteng Sam Poo Kong yang masih berfungsi sebagai tempat peribadatan umat Kong Hu Cu hingga saat ini. Di dalam area Klenteng Sam Poo Kong dibangun sebuah patung sebagai memorial Laksamana Cheng Ho. Patung tersebut bertuliskan nama lengkap dengan biografinya dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.  Patung tersebut diresmikan pada tanggal 29 Juli 2011 oleh Gubernur Jawa Tengah.

Penasaran ingin melihat langsung patung tersebut sekaligus membaca biografinya? Jangan lupa singgah sebentar di Klenteng Sam Poo Kong ketika mengunjungi Kota Semarang.

Penulis : Pramita Dwi Aryani  (Jurnalis PT BPR Artha Mukti Santosa)                               Editor   : Franes Pradusuara

0 comments
Profile Status
ACTIVE