Penyebab Mobil Terbakar – DETEKSI LEBIH DINI !

282
(Sumber : www.youtube.com)

PENYEBAB MOBIL TERBAKAR TERJADI BUKAN HANYA KARENA FAKTOR KECEROBOHAN ATAU KURANG PEMELIHARAAN, ADA BEBERAPA HAL YANG PATUT DIWASPADAI.

Semarang, RestuMagz – Pada mesin sistem injeksi sangat kecil kemungkinan ada uap bensin yang terperangkap didalam ruang mesin, meski demikian sumber api bisa terjadi karena kebocoran pada rangkaian system injeksi khususnya jika terjadi kerusakan pada seal injector, bila ada komponen yang bergesekan bisa menyebabkan terjadinya percikan api.

Pada mobil bertransmisi otomatis, api bisa bermula dari tumpukan Automatic Transmission Fluids (ATF) yang rembes, ini berbahaya jika menetes kebagian manifold knalpot lalu terjadi penumpukan, suhu manifold yang sangat tinggi bisa memicu kebakaran.

Mobil yang masih menggunakan system Power Steering Hidrolik, fluida dapat menjadi pencetus kebakaran bila klem selang power steering terlepas atau mengalami kebocoran, saat ini sistem power steering pada mobil baru sudah menggunakan system Multi Driven Power Steering (MDPS) yang kinerjanya lebih baik dari Electric Power Steering (EPS) biasa karena dilengkapi torque converter. Fungsinya ketika ada permukaan ban yang kehilangan traksi, kendali stir akan bekerja lebih berat, sehingga pengemudi bisa mengendalikan laju mobil.

Potensi kebakaran yang lebih besar pada mobil dengan adanya tambahan aksesoris kelistrikan seperti perangkat audio, lampu HID, lampu aksesoris dan power audio, penempatan dan teknis pemasangan tambahan kabel harus lebih diperhatikan karena kabel yang terjepit di pintu misalnya dapat mengakibatkan hubungan arus pendek.

Hal yang harus dilakukan saat terjadi hubungan arus pendek yang berakibat kebakaran adalah pinggirkan kendaraan , usahakan cari tempat yang lapang, putar kunci kontak ke posisi off dan pastikan semua pintu telah terbuka sehingga penumpang bisa keluar, kemudian buka kap mesin dan semprotkan dengan alat pemadam api jangan menyiram dengan air karena menyebabkan api malah sulit dipadamkan.

Demi menghindari semua kemungkinan tersebut, penting untuk melakukan pemeriksaan mobil secara berkala sesuai dengan buku petunjuk perawatan mobil, semoga bermanfaat.

Penulis   : Krishandoyo Harinomo  (Manager PT Santosa Istana Mobil – Hyundai Semarang)   Editor     : Arhika Chrisma Rani

Profile Status
ACTIVE