Rasa Percaya Diri

109
Keterangan :Rasa percaya diri merupakan hal yang harus selalu dijaga dan bahkan dikembangkan, sesuai dengan tuntutan posisi jabatan di saat ini maupun di masa mendatang

*****

Salah satu hal yang selalu menjadi perhatian dalam seleksi penerimaan karyawan baru maupun seleksi promosi / kenaikan jabatan karyawan adalah rasa percaya diri karyawan. Bersama dengan kecerdasan, rasa percaya diri ini terbukti merupakan faktor yang penting bagi seorang karyawan untuk menjadi seorang “star performer” di tempat kerjanya. Sebab, seorang karyawan yang belum mempunyai pengalaman kerja, asalkan kecerdasan dan rasa percaya dirinya memenuhi syarat sesuai tuntutan di tempat kerjanya, lebih mudah maju dan berkembang (karena lebih cepat menguasai materi baru yang harus dipelajarinya) dibandingkan karyawan lain yang sudah mempunyai pengalaman kerja tetapi kecerdasan dan rasa percaya dirinya tidak memenuhi syarat yang ditentukan di tempat kerjanya.

*****

“Apakah itu berarti bahwa perusahaan hanya mempekerjakan orang yang cerdas dan rasa percaya dirinya tinggi ?” tanya sahabat baik saya.

“Tidak,” jawab saya. “Tetapi perusahaan mempekerjakan orang yang kecerdasan dan rasa percaya dirinya memenuhi syarat untuk suatu posisi jabatan, di mana setiap posisi jabatan mempunyai tuntutan persyaratan yang tidak sama tingginya dalam hal kecerdasan dan rasa percaya diri”.

“Apa itu berarti bahwa untuk posisi jabatan tertentu, kecerdasan dan rasa percaya tidak dituntut terlalu tinggi, tetapi untuk posisi jabatan yang lain memang dituntut adanya kecerdasan dan rasa percaya diri yang tinggi ?” tanya sahabat baik saya.

“Benar sekali !” kata saya. “Makanya, setiap orang harus menyadari kecerdasan dan rasa percaya dirinya masing-masing, apakah sudah sesuai dengan tuntutan yang ditentukan untuk posisi jabatan yang dilamarnya atau yang dikerjakannya”.

“Kalau ternyata ada kekurangan tetapi hanya sedikit, bagaimana ?” tanya sahabat baik saya.

“Karyawan itu harus ikut program pengembangan diri, baik yang diadakan oleh perusahaannya, maupun di luar perusahaannya. Bisa dengan training, bisa dengan belajar secara online lewat internet, bisa dengan berkonsultasi dengan psikolog,” jawab saya.

*****

Apa yang bisa disimpulkan dari tulisan ini adalah :

(1) Bahwa rasa percaya diri (bersama dengan kecerdasan) merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap karyawan yang ingin sukses.

(2) Bahwa seberapa tinggi rasa percaya diri itu harus dimiliki oleh seorang karyawan, tergantung pada tuntutan posisi jabatan yang sekarang diembannya maupun tuntutan posisi jabatan di masa mendatang yang akan dibatanya.

(3) Bahwa apabila sudah diketahui dan disadari adanya gap (kekurangan) antara rasa percaya diri yang ada di dalam dirinya saat ini dengan tuntutan rasa percaya diri pada posisi jabatan tersebut, maka karyawan itu harus meningkatkan rasa percaya dirinya dengan mengikuti program pengembangan diri.

—–oOo—–

Penulis adalah Praktisi Psikologi Industri, Komisaris Perbankan, Anggota Himpunan Psikologi Industri (HIMPSI) dan Anggota Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO).

Profile Status
ACTIVE