RESTU KLATEN – LIRIK LURIK

590
Keindahan Batik Lurik (Foto: Agustin Retnowati)

Klaten, RestuMagz – Batik memang tidak pernah usai jika diuraikan melalui kata-kata. Selembar, dua lembar cerita yang ditulis oleh seorang penulis mungkin belum cukup untuk menggambarkan kekayaan dari  selembar kain batik yang  telah ia lihat walau hanya sepintas. Apalagi tentang ratusan benang warna warni yang saling erat terikat membentuk motif garis kecil lalu di atasnya diperindah dengan guratan batik, inilah yang akan menjadi cerita besar yang pantas untuk dibanggakan dari karya anak negeri.  Batik Lurik namanya, karya terbaik Indonesia yang lahir dan berkembang di tanah Jawa, Pedan-Klaten.

Pedan, 50 kilometer dari Kota Solo memang menyimpan sejarah tersendiri tentang lurik. Diapit dua kota besar (Yogyakarta dan Solo) memang membuat asumsi masyarakat kota ini hanya menjadi kota transit semata. Tetapi itu dulu, sekarang Klaten sudah semakin termasyhur di semua kalangan masyarakat. Pedan kini menjadi distrik terpopuler dari seluruh bagian Klaten.

Beberapa usaha lurik memang sudah gulung tikar dalam perjalanannya memasuki masa modernisasi, namun demikian saat ini ada beberapa usaha lurik masih bertahan dan justru semakin berkembang dan semakin dikenal, tidak hanya di dalam negeri melainkan sudah merambah ke manca negara.

Penulis : Agustin Retnowati  (Jurnalis PT BPR Restu Klaten Makmur)                              Editor   : Franes Pradusuara

Profile Status
ACTIVE