Selamat Natal 2015

333
(Dokumentasi Pribadi Margareta Novita Sari Dewi)

Yogyakarta, RestuMagz – Tanggal 25 Desember 2015 merupakan hari raya Natal bagi seluruh umat kristiani di seluruh dunia. Perayaan Natal yang biasanya dirayakan pada tanggal 24 malamnya. Malam itu saya merayakan malam Natal di Paroki saya sendiri yaitu di Paroki Santo Petrus dan Paulus Klepu yang beralamatkan Klepu, Sendangmulyo, Minggir, Sleman. Perayaan Natal di Paroki Klepu terbagi menjadi 3 Misa untuk tanggal 24 Desember 2015 pukul 18.00 dan pkl 21.00 sedangkan tanggal 25 Desember 2015 misa hanya satu kali yaitu pkl 08.00 khusus untuk anak-anak. Tema natal tahun ini di Keuskupan Agung Semarang yaitu “ Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah”.

Natal kali ini sungguh berbeda, karena perayaan Natal dilaksanakan di Pasturan Klepu dikarenakan sedang ada renovasi gereja. Pukul 21.00 perayaan misa dimulai saya yang kebetulan bertugas koor bersama komunitas koor saya menyanyikan dengan penuh semangat dan mantap. Misa berlangsung selama kurang lebih 2 jaman. Misa yang dipimpin oleh romo Robertus In Nugroho Budisantoso, SJ yang khotbahnya berisi “Meneladani keluarga Yusuf maka kita bisa mencontohnya” ujar Romo In yang tinggal di Pasturan Sanata Dharma Yogykarta ini. Setelah selesai misa kami semua saling bersalam-salaman antar teman. Berfoto bersama didepan Gua Natal yang sederhana saling melepas rindu antar teman karena mereka yang bekerja di luar kota bisa ikut hadir pula di situ.

03

Tidak hanya di gereja saya merayakannya namun di lingkungan yang bertepatan tanggal 25 Desembernya kebetulan lingkungan saya dirumah juga merayakan natal bersama yang biasanya tidak di adakan pas tanggal 25 nya. Acara yang dilaksanakan pukul 14.00 diikuti oleh seluruh warga lingkungan Santa Bernadetha Pendulan namanya. Ibadat yang dipimpin oleh BPk G. Guritno berlangsung selama 2 jam, antara lain acaranya berisi ibadat, nyanyi-nyanyi, “kembul dhahar” tumpengan dan ingkung yang dimakan bersama-sama seluruh umat. Bahagia luar biasa. Menyambut kelahiran-Nya yang membawa damai bagi seluruh umat manusia. Merry Christmas.

02

Penulis: Margareta Novita Sari Dewi (Jurnalis PT. BPR ARTA Yogyakarta)
Editor  : Arhika Chrisma Rani

Profile Status
ACTIVE