Semarang Contemporary Art Gallery “Ketika Seni Mengisyaratkan Keindahan”

687

Semarang, RestuMagz – (Minggu, 7/11) Siang itu sang mentari menyinari tepat di atas Kota Lama, seolah mengantarkan saya ke sebuah tempat yang indah dan kaya akan seni. Semarang Contemporary Art Gallery adalah sebuah mahakarya yang didedikasikan sebagai sebuah media yang memperkenalkan karya-karya seniman kontemporer Asia, khususnya perupa-perupa Indonesia.

Gallery ini didirikan oleh Chris Dharmawan pada tahun 2001, seorang kolektor dan filantropi seni yang mempunyai sebuah filosofi bahwa pertemuan antara manusia, budaya, seni, dan idealisme dalam sebuah ruang akan selalu menghasilkan keindahan bagi kehidupan manusia seutuhnya. Konsistensi dalam upaya untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni rupa, pada tahun 2008 gallery ini pindah ke sebuah lokasi baru yaitu di Taman Sri Gunting No 5-6, menempati sebuah bangunan warisan budaya di Kota Lama Semarang.

bangunan lama

Semarang Contemporary Art Gallery terdiri dari 2 lantai yang semuanya digunakan sebagai ruang pamer seni. Ketika saya masuk lantai pertama, saya disambut dengan ornament mahakarya yang begitu indah, tata pencahayaan dan tata ruangan yang luar biasa.

Saya tatihkan kaki saya menuju ke lantai dua, saya kembali dikejutkan dengan hasil karya yang ada. Beberapa saat saya berpikir dan bertanya, apa maksud yang diutarakan oleh para seniman, kenapa bisa seperti ini? Pertanyaan-pertanyaan itu yang selalu saja muncul dalam benak saya.

lampiran 1

Setelah puas melihat karya di lantai 2, saya langkahkan kaki menuju sebuah taman dalam bangunan tersebut, taman kecil nan hijau disana. Di Halaman dalam ini ada patung besar dan unik yang seolah-olah sudah menjadi icon dari galeri. Patung karya seniman bernama Budi Kustarto dengan judul “Miring Lantai Kanan Tinggi” tampak berdiri seperempat miring di halaman kecil itu.

Kunjungan saya ditutup dengan kekaguman terhadap para seniman. Para manusia yang diberi kelebihan berupa kecerdasan untuk melukiskan sesuatu lewat mahakarya seni. Para manusia yang menurut saya lebih pantas untuk diberikan apresiasi yang luar biasa.

bhnKunjungan saya ditutup dengan kekaguman terhadap para seniman. Para manusia yang diberi kelebihan berupa kecerdasan untuk melukiskan sesuatu lewat mahakarya seni. Para manusia yang menurut saya lebih pantas untuk diberikan apresiasi yang luar biasa.

Penulis  : Ariana Nur Ika Yustinasari (Jurnalis PT BPR Restu Artha Makmur)               Redaktur: Franes Pradusuara

Profile Status
ACTIVE