TEMU KARYAWAN 2018 : KRISTALISASI BUDAYA PERUSAHAAN SANTOSA GROUP & BPR RESTU GROUP

168

Bertempat di Balai Diponegoro – Makodam IV Diponegoro Semarang, Santosa Group dan BPR Restu Group pada hari Minggu tanggal 11 Februari 2018 mengadakan Temu Karyawan dalam rangka ulang tahun perusahaan yang ke-27. Acara yang dihadiri 828 orang peserta dari unsur karyawan, direksi, komisaris, dan juga pengusaha ini mengangkat tema Kristalisasi Budaya Perusahaan untuk Mewujudkan Nilai Lebih Santosa Group & BPR Restu Group ini berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Gambar 2. Ir. Santoso Soegiarto, M.M. saat Memberikan Pengarahan di Salah Satu Sesi Acara Temu Karyawan Santosa Group dan BPR Restu Group

Ir. Santoso Soegiarto, M.M. dari pihak pengusaha dalam pidatonya menyampaikan tentang pentingnya kristalisasi budaya perusahaan dalam diri setiap sumberdaya manusia Santosa Group dan BPR Restu Group, karena budaya perusahaan inilah yang akan menjadikan Santosa Group dan BPR Restu Group mempunyai ciri khas dan berbeda dengan perusahaan yang lain. “Sumberdaya manusia di perusahaan ini harus hafal visi, misi, dan budaya perusahaan, “ tegas Santoso Soegiarto seraya mengajak perwakilan peserta yang diundang ke atas panggung untuk menghafalkan visi dan misi perusahaan.

Dalam Temu Karyawan 2018 ini, setiap divisi perusahaan menyajikan Film Edukasi tentang kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang sudah dilakukan sepanjang tahun 2017, dan juga tentang inovasi yang akan dilakukan di tahun 2018. Semua divisi perusahaan menampilkan Film Edukasi dengan menarik, sehingga dapat digunakan sebagai sarana promosi dalam kegiatan kerja sehari-hari. Kantor Pusat Santosa Group & BPR Restu Group juga menampilkan Film Edukasi tentang pencapaian bisnis sampai dengan akhir 2017. Adapun Divisi IT menampilkan Film Edukasi tentang teknologi komunikasi VOIP dan juga CBS yang dijalankan di BPR Restu Group sejak tahun 2018 ini.

Secara khusus, film edukasi dari PT BPR Restu Artha Makmur mampu mencuri perhatian penonton karena bersifat film pendek yang diperankan oleh karyawan divisi perusahaan tersebut dengan dialog yang lucu tetapi bersifat edukatif tentang perlunya melakukan inovasi dalam menjalankan bisnis.

Gambar 3. Bp Kevin dan Ibu Aryana saat Memberikan Sambutan

Peserta juga menyaksikan film pendek tentang Sakramen Pernikahan Bapak Kevin (putra Bapak Santoso Soegiarto – Ibu Ratnawati) dengan Ibu Aryana pada tanggal 3 Februari 2018 yang lalu. Bapak Kevin dan Ibu Aryana selama ini selalu setia menghadiri acara Temu Karyawan Santosa Group & BPR Restu Group.

Lomba Cerdas Cermat Budaya Perusahaan

                Sebagaimana Temu Karyawan 2017 sudah diisi dengan Lomba Cerdas Cermat Matematika, pada Temu Karyawan 2018 ini diisi dengan Lomba Cerdas Cermat Budaya Perusahaan. Praktisi Psikologi Industri Constantinus sebagai pemimpin lomba menjelaskan bahwa loma ini dimaksudkan sebagai salah satu cara untuk mewujudkan kristalisasi budaya perusahaan dalam diri setiap sumberdaya manusia di Santosa Group dan BPR Restu Group. “Selama ini kristalisasi budaya perusahaan sudah dilakukan dengan cara membaca visi, misi, dan budaya perusahaan saat Doa Pagi di setiap kantor Santosa Group dan BPR Restu Group, serta lewat website serta pelatihan-pelatihan di Santosa Group dan BPR Restu Group. Dengan adanya lomba ini, maka seluruh sumberdaya manusia semakin ingat tentang betapa pentingnya dan menariknya budaya perusahaan ini,” kata Constantinus.

Gambar 4. Pengusaha, Komisaris, dan Direksi berfoto Bersama dengan Juara Lomba Cerdas Cermat

  Lomba diikuti oleh 12 tim yang menunjukkan semangat bersaing secara sportif. Juara pertama diraih oleh “Tim Restu Klepu Makmur”, diikuti oleh “Tim Restu Artha Makmur” sebagai juara kedua, dan “Tim Artha Mukti Santosa” juara ketiga.

Lomba Alat Musik Alternatif

Temu Karyawan 2018 ini juga diisi dengan lomba memainkan alat musik alternatif, yang diikuti oleh 10 kelompok dengan peserta maksimal 20 orang. Franes Pradusuara selaku Ketua Panitia Pelaksana Temu Karyawan 2018 mengatakan bahwa penilaian dilakukan dengan memperhatikan alat musik yang digunakan. “Alat musik yang digunakan harus dibuat sendiri dari barang-barang seperti panci, wajan, ember, tong, dan sebagainya. Keseriusan membuat aransemen musik juga dinilai, bersama dengan keharmonisan suara alat-alat musik tersebut. Dan terakhir, tentu saja aspek menghibur sebagai sebuah tontonan,” jelas Franes.

Gambar 5. Peserta Lomba Memainkan Alat Musik Alternatif dari PT BPR Restu Artha Makmur yang menjadi Juara 1
Gambar 6. Peserta Lomba Memainkan Alat Musik Alternatif dari PT BPR Restu Klepu Makmur yang menjadi Juara 2
Gambar 7. Peserta Lomba Memainkan Alat Musik Alternatif dari PT BPR Restu Klaten Makmur yang menjadi Juara 3

 Praktisi Psikologi Industri Constantinus sebagai perwakilan juri mengatakan bahwa lomba alat musik alternatif ini selain sebagai hiburan, juga sebagai sarana pengingat untuk tetap kreatif dan inovatif, supaya bisa memiliki ide-ide baru dan menciptakan produk-produk baru. Selain itu, juga melatih jiwa sportif dari seluruh peserta, di mana penampilan tim yang bagus selalu diberi tepuk tangan pujian, meskipun yang tampil adalah tim divisi perusahaan lain. “Daya juang disertai dengan sportivitas ini merupakan wujud dari budaya perusahaan cerdas dan juga ikhlas atau excellent & sincere. Artinya, mau mengakui bahwa pihak lain memang lebih baik, dan dengan begitu mau belajar dari pihak lain,” kata Constantinus.

Dengan persaingan yang sangat ketat karena semua peserta tampil dengan bagus, lomba alat musik alternatif ini akhirnya dimenangkan oleh “Tim Restu Artha Makmur II” sebagai juara pertama, “Tim Restu Klepu Makmur II” sebagai juara kedua, dan “Tim Restu Klaten Makmur” sebagai juara III.

Gambar 8. Ratnawati, S.E saat Memberikan Piagam Penghargaan Kepada Salah Satu Karyawan Inspirasional Periode Kerja Tahun 2017

Penghargaan Karyawan Inspirasional / Teladan

                Ratnawati, S.E. dan Endang Lestari dari pihak pengusaha dalam Temu Karyawan 2018 ini memberikan penghargaan kepada perorangan maupun tim karyawan yang dinilai menonjol dalam memberikan inspirasi sehingga layak menjadi teladan bagi karyawan lainnya selama periode kerja Januari sampai Desember 2017. Nama-nama karyawan teladan tersebut (urutan penulisan tidak merupakan ranking, tetapi urut berdasarkan kronologi berdirinya divisi perusahaan yang bersangkutan) adalah sebagai berikut :

Kategori Perorangan – Staf Marketing : Dodi Tri Wijayanto (PT BPR Restu Mranggen Makmur), Agus Rindra Kurniawan (PT BPR Restu Mranggen Makmur), Edi Purwo Susanto (PT BPR Restu Klepu Makmur), Nurcahyo (PT BPR Restu Klepu Makmur), Sugianto (PT BPR Restu Artha Makmur), Aprina Rasita Wardani (PT BPR Restu Klaten Makmur), Dadang Agus Wibowo (PT BPR Restu Artha Abadi).

Kategori Perorangan – Staf Non Marketing : Septa Dhamie Mirantika (Akuntansi & Pajak Kantor Pusat Santosa Group & BPR Restu Group), Aditya Chandra Buana (Branding & Communication PT BPR Restu Mranggen Makmur), Astri Cahyoningrum (EDP PT BPR Restu Mranggen Makmur), Ismed Yunianto (Akuntansi & IT PT BPR Restu Klaten Makmur), Tri Haryanto (Administrasi Kredit & Legal PT BPT Tawangmangu Jaya).

Kategori Perorangan – Supervisori Bidang Marketing : Nur Salim (Marketing PT BPR Restu Mranggen Makmur), Susi Arianti (Marketing PT BPR Restu Artha Makmur), Caroko (Surveyor PT BPR Restu Artha Makmur).

Kategori Perorangan – Supervisori Bidang Non Marketing : Yudo Diliyanto (EDP PT BPR Restu Klepu Makmur), Maya Heni Maelasari (Administration Head PT BPR Restu Artha Makmur), Gita Mega Ferita (Customer Relationship Officer PT BPR Artha Mukti Santosa), Pramita Dwi Ariyani (Operasional PT BPR Artha Mukti Santosa).

Kategori Perorangan – Manajerial : Santoso (Kepala Cabang PT BPR Restu Klepu Makmur), Kukuh Joko Wahyudi (Marketing PT BPR Restu Klepu Makmur), Harri Eko Wardono (IT PT BPR Restu Artha Makmur), dan Agustinus Subroto (Marketing PT BPR Restu Artha Makmur)

Gambar 9. F. Widarto Subagio, S.E saat Memberikan Pengarahan Kepada Empat Tim Inspirasional Periode Kerja Tahun 2017
Gambar 10. Komisaris dan Empat Tim Inspirasional Periode Kerja 2017 saat berfoto bersama

Kategori Tim :

  • Tim Marketing Kantor Pusat Operasional – PT BPR Restu Klepu Makmur (St. Ari Purdiantoro, Robertus Sigit Kristanto, Edy Purwo Susanto, Nurcahyo Ade Irawan, Widya Anugrah Olivia, Abdul Kholiq).
  • Tim Marketing Kantor Kas Simo – PT BPR Restu Klepu Makmur (Wiyadi, Budi Yulianto, Apri Ristanto, Edi Rahmanto, Muhammad Latief, Tri Sulistianto).
  • Tim Recovery – PT BPR Restu Artha Makmur (Sunoto, Heni Fitriyani, Hardi Wicaksono, Riza Pahlevi, Arifin, Sundoro, Rudikarto Sitepu, Badi Hartono, Indri Wijayanti).
  • Tim Customer Relationship Officer – PT BPR Artha Mukti Santosa (Gita Mega Ferita, Mirza Agastya Samkusumo, Iswatun Fitriani, Widya Ayu Sapitri, Feny Prihastiwi, Alexander Aprihandono Wahyu Tri Pamungkas).

                Sampai jumpa di Temu Karyawan 2019 dengan tema yang tetap up to date untuk pengembangan Santosa Group dan BPR Restu Group dalam berkat dan lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Reporter : Constantinus

Foto : Panitia Temu Karyawan 2018

Profile Status
ACTIVE