Tetap Sehat dengan Mandi Rempah di Rumah

295

Semarang, RestuMagz – Bulan Juli ini, cuacanya tidak menentu.  Hujan sudah mulai mengguyur beberapa tempat di Jawa Tengah.  Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang cuacanya sedang kurang bersahabat.  Dua hari yang lalu badan saya juga sedikit kurang enak, seperti akan terkena Flu.  Namun puji syukur kesehatan saya segera pulih.

Didaerah tempat asal saya di Ciamis – Jawa Barat, jika saya sudah merasakan tidak enak badan biasanya orang tua saya membuatkan air panas untuk mandi saya.  Namun ada yang berbeda dengan air panas untuk mandi saya tersebut.  Orang tua saya menambahkan sejumlah rempah dan dedaunan yang dipercaya dapat memulihkan energi dalam tubuh saya.  Dibawah ini saya akan sedikit berbagi tips cara membuat air rempah untuk mandi sore hari.

Bahan-bahan yang digunakan untuk mandi rempah tidaklah sulit didapat, cukup menggunakan rempah sehari-hari yang tersedia di dapur.  Biasanya saya menggunakan jahe, kunyit, daun salam, daun serai, daun pandan, daun sirih, dan daun jeruk purut.

Proses membuatnya, semua bahan dicincang halus lalu kemudian direbus dalam 5 liter air mentah sampai mendidih.  Setelah mendidih, maka air rebusan tersebut disaring menggunakan kain halus, dan air rebusan tersebut sudah siap digunakan untuk mandi rempah.  Yang perlu dperhatikan adalah, sebelum digunakan perlu dicampurkan terlebih dahulu dengan air dingin dengan maksud supaya tidak terlalu panas.

Lakukan mandi rempah ini ketika pulang kerja minimal seminggu dua kali supaya badan kita tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, tetap sehat, produktif, dan bahagia.

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                   Ilustrasi : www.merdeka.com

 

Profile Status
ACTIVE