Tips Melintasi Genangan Air

79

Semarang, RestuMagz – Melintasi air tentu bukan hal yang menyenangkan, khususnya bagi pengemudi kendaraan bermotor, apalagi jika itu terjadi di kota-kota besar yang semakin hari semakin padat.

Saat melintasi genangan air di jalan, hal pertama yang perlu diperhatikan  adalah ketinggian air maksimal  berada pada setengah ketinggian roda, pasalnya jika lebih dari ketinggian itu kawatir dapat membuat  sistim kelistrikan mobil dan ECU (Electronic Control Unit) terkena air dan rusak, Jika ECU sampai terkena air bisa mengakibatkan mesin macet atau mati.

Hal yang sudah tentu tidak boleh terjadi adalah memaksakan mengendarai mobil melintasi genangan air   setinggi ketinggian roda karena dikawatirkan air bisa terhisap masuk kedalam ruang bakar melalui saluran udara masuk di sistim Intake Manifold, apabila ini terjadi maka akan menyebabkan terjadinya water hummer karena air tidak bisa dikompresikan.

Water hummer akan merusak komponen mesin seperti Piston pecah, Connecting Rod bengkok/patah bahkan bisa menbuat Block Cylinder pecah apabila saat terjadi water hummer mesin masih dalam putaran tinggi diatas 2000 rpm sehingga mesin harus dilakukan overhaul.

Tips Melintasi Genangan Air

  • Apabila anda terpaksa melintasi genangan air maka diusahakan menahan pedal gas agar putaran mesin minimal bertahan pada putaran 1000 – 1200 rpm, hal ini agar tidak ada faktor jeda yang membuat knalpot mengisap air.
  • Pastikan posisi tuas transmisi pada posisi gigi 1 dan hindari menggunakan setengah kopling karena hal tersebut menyebabkan permukaan bidang gesek pada sistim kopling menjadi basah oleh air menyebabkan getaran berlebihan pada body dan kopling slip karena aus.
  • Pada saat itu juga pastikan jaga jarak aman dengan kendaraan di depan sehingga apabila kendaraan didepan mogok masih memungkinkan menghindari dan terus berjalan tidak ikut berhenti dibelakang mobil tersebut.

Selanjutnya disarankan untuk segera  membawa mobil kesayangan anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan pencucian agar terhindar dari karat dan pemeriksaan kondisi oli-oli apakah masih laik dipergunakan juga pemeriksaan bagian lain yang berhubungan dengan roda, sistim rem dan sistim kopling, tujuannya jelas agar mobil anda tetap nyaman dan aman untuk dibawa berkendara.

Semoga bermanfaat. 

Untitled-s2

  Penulis   : Krishandoyo Harinomo  (Manager PT Santosa Istana Mobil – Hyundai Semarang)   Editor     : Arhika Chrisma Rani

Profile Status
ACTIVE