Tips Membuat Jus Sehat

188

dr. Karina Karmanzia

Semarang, RestuMagz – Cuaca Kota Semarang yang relative panas, membuat banyak masyarakat mencari minuman dingin untuk menyejukan badannya. Banyak sekali para penjual minuman yang berjamur di Kota Semarang, salah satunya adalah penjual jus buah-buahan.

Dihubungi disela-sela aktifitas prakteknya, dr. Karina Karmanzia menyampaikan beberapa tips dalam mengkonsumsi jus buah-buahan. Adapun tips mengkonsumsi jus buah-buahan adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan Jenis Buah-buahan yang akan dibuat jus. Untuk buah-buahan dengan kandungan asam tinggi, maka hindari dikonsumsi saat perut kosong terlebih jika anda memiliki masalah asam lambung. Buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat pagi hari adalah pisang, wortel, atau papaya.
  2. Pilih buah-buahan yang kondisinya baik. Untuk mendapatkan nutrisi yang baik, maka selalu gunakan buah-buahan yang segar, kondisinya baik (tidak berlubang karena ulat, tidak busuk, tidak memar, atau tidak berjamur). Ciri-ciri buah-buahan yang kualitasnya sedikit menurun adalah adanya lalat yang mengerumuni.
  3. Cuci dahulu buah-buahan tersebut sebelum dibuat jus. Selalu mencuci buah-buahan dengan air bersih supaya terbebas dari pestisida, telur serangga, partikel debu, atau lapisan lilin yang membahayakan jika sampai terkonsumsi.
  4. Hindari penggunaan bahan pemanis. Jus yang baik adalah jus yang segar, dan tanpa adanya pemanbahan bahan pemanis seperti gula. Namun jika terpaksa, maka dapat menggunakan pemanis berbahan gula jagung atau madu.
  5. Segera dikonsumsi jangan disimpan terlalu lama. Jus yang dibiarkan dalam suhu kamar dan dalam udara terbuka maka rentan terhadap perkembangan bakteri dan kerusakan nutrisi.
  6. Konsumsilah jus dengan cara yang benar. Jus bukanlah minuman seperti air mineral, namun jus adalah makanan yang dihancurkan, sehingga walaupun bentuknya seberti cair, namun sifat partikel nutrisinya masih sama seperti sebelumnya. Sehingga dalam mengkonsumsi jus, sebaiknya sedikit dikumur atau dikunyah-kunyah beberapa saat sebelum kemudian ditelan. Hal itu dilakukan dengan maksud supaya partikel nutrisi dalam jus bercampur dengan saliva dalam mulut kita. Sehingga proses penyerapan jus dalam usus akan lebih baik dari sekedar hanya meminumnya saja.

Tidak sulitkan membuat jus yang sehat. Maka mulai dari sekarang, membuat jus sendiri jauh lebih baik dari pada membeli jus sembarangan diluar. Demikian tips seputar jus, semoga bermanfaat.

Penulis           : Franes Pradusuara                                                                                   Narasumber   : dr. Karina Karmanzia

Profile Status
ACTIVE