Tips Memilih Susu Sapi yang Sehat

1506

 

Susu Sapi Memberikan Banyak Manfaat                                                                   (Sumber: //www.jokowinomics.com)

Susu merupakan salah satu minuman menyehatkan di dunia. Banyak orang menggemari minuman yang satu ini karena selain rasanya yang enak, susu juga memiliki kandungan gizinya yang  sangat bermanfaat untuk tubuh. Di Indonesia sendiri susu sangat mudah dijumpai dengan berbagai olahan yang ditawarkan, mulai dari susu cair murni, susu kental manis hingga susu bubuk. Selain itu para produsen juga menawarkan berbagai macam aneka rasa dan gizi tambahan untuk menarik minat konsumen.

Tapi tahukah anda dari berbagai macam olahan tadi, susu seperti apakah yang paling baik? Bila kita runut, susu cair murni adalah susu yang paling baik karena tidak mengalami perubahan kualitas yang begitu derastis dari proses pengolahannya. Beda dengan susu kental manis dan susu bubuk yang pengolahannya lebih panjang dan membutuhkan bahan tambahan selama proses pengolahan yang mengakibatkan susu jenis tersebut kandungan gizinya sudah jauh berbeda dengan kondisi aslinya. Akan sangat disayangkan bila nutrisi baik yang dimiliki oleh susu tidak bisa termanfaatkan dengan baik. Namun mengkonsumsi susu kental manis atau pun susu bubuk tidaklah salah, karena umumnya susu jenis ini dirasa lebih mudah penyimpanannya dan memiliki jangka waktu penyimpanan yang relatif lebih panjang bila dibandingkan dengan susu cair murni.

Penanganan susu cair murni memang harus lebih hati – hati karena susu jenis ini mudah sekali rusak bila tidak tertangani dengan tepat. Berikut penulis kemukakan tips – tips memilih susu cair murni yang sehat.

  1. Bila susu cair murni tersebut sudah dikemas dengan baik, maka pilihlah kemasan yang kondisinya masih baik (tidak peyok atau menggembung) hal ini untuk mengantisipasi tidak adanya bakteri buruk yang berkembang di dalam susu cair kemasan.
  2. Pilih susu kemasan yang disimpan dalam mesin pendingin karena pada penyimpanan seperti itu pertumbuhan bakteri akan lebih terhambat sehingga susu lebih awet. Susu yang belum dibuka kemasannya dan disimpan dalam mesin pendingin bisa bertahan hingga jangka waktu 6 bulan, sedangkan susu yang sudah pernah dibuka kemasannya bila disimpan di dalam mesin pendingin hanya dapat bertahan tidak lebih dari 2 hari, sedangkan susu yang sudah dibuka dan tidak disimpan dalam mesin pendingin sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 2 jam setelah susu dibuka.
  3. Perhatikan tanggal kadaluarsa dan kandungan gizi susu yang terdapat dalam label, sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  4. Setelah kemasan dibuka, cek dengan melihat kondisi susu cair. Susu cair yang baik berwarna putih susu (tidak terlalu kekuningan), kental, tidak menggumpal, tidak berbau asam, dan apabila dituang dalam gelas maka menempel pada dinding gelas.
  5. Dan bila susu cair yang anda konsumsi adalah susu murni dari peternak, ada baiknya untuk dimasak terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri patogen yang ada, dengan cara dipanaskan (jangan sampai mendidih, karena justru akan merusak kandungan protein yang ada dalam susu murni) hingga muncul lapisan busa lemak /foam dan lapisan seperti jaring – jaring susu.

Semoga tips berikut dapat menambah pengetahuan dan dapat membantu para pembaca untuk  lebih selektif dalam memilih susu yang sehat.

SALAM SEHAT!

  • Wina Desiana Wardani, S.Pt                                                                                             Praktisi HR dan Pemerhati Lingkungan – Alumni Universitas Diponegoro
Profile Status
ACTIVE