Tips Sukses Menabung

248

Ilustrasi Keajaiban Menabung                                                            (Sumber: //www.homa-living.com)

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan agar kita sukses dalam menabung, yaitu :

  1. Menabung Harus memiliki Tujuan yang jelas

Misalnya, 3 tahun lagi anak pertama akan masuk SMP dan diperkirakan butuh dana sebesar Rp 3.600.000,- maka kita dapat mulai menabung setiap bulannya Rp 100 ribu.

  1. Menabung Harus Disiplin

Lakukan kegiatan menabung layaknya kita harus membayar sesuatu yang harus dikeluarkan, seperti biaya listrik, air dsj. Jangan menabung dilakukan dengan berpikir kalau ada sisa dari pengeluaran, biasanya tidak berhasil.

  1. Menabung jangan dimudahkan dengan fasilitas untuk mengambil

Apabila kita menabung, usahakan “jangan pakai ATM”. Tabungan yang tidak dilengkapi dengan ATM akan “memaksa” kita untuk tidak dengan mudah menariknya. Godaan saat jalan-jalan di mall dengan berbagai iming-iming discount akan menggoda kita mengambil tabungan. Namun, kalau kita memiliki tiga syarat ini, “godaan” akan dengan baik kita abaikan. Saya menabung untuk anak saya sekolah nanti, maka keinginan mengambil tabungan akan dikesampingkan.

 

Belajar dari coumpounded interest (bunga ber bunga – artikel sebelumnya) sebagai keajaiban dunia menurut Albert Einstein ini kita belajar bahwa : pentingnya menabung atau investasi dengan hasil investasi jangka panjang yang optimal. Agar berhasil, perhatikan tiga hal ini : 1) Menabung harus punya tujuan, 2) Menabung harus disiplin, dan 3) Menabung jangan dimudahkan dengan fasilitas untuk mudah diambil.

Mulailah dari menabung dengan rupiah yang kecil, lakukan secara terus menerus dan rutin dalam jangka panjang, niscaya “keajaiban” akan kita temui di masa mendatang. Namun sebaliknya, kalau “kegemaran” kita adalah berhutang (apalagi untuk hal-hal yang konsumtif dan tidak perlu), maka kita akan terbelenggu problem keuangan yang tidak akan mudah diselesaikan.

  • Drs. Didik Yochanan, M.M.                                                                                      Komisaris BPR Restu Group
Profile Status
ACTIVE