Valentine and Love

127

Semarang, RestuMagz -“ I LOVE U”, sebuah kata yang paling hits di tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Walaupun Valentine bukan hari raya nasional, banyak sekali orang yang merayakan hari tersebut, terutama orang dunia barat. Bahkan hampir seluruh orang di dunia pun ikut merayakannya juga. Banyak kata – kata kasih sayang yang terpampang sebagai dekorasi di tempat umum misalnya mol, tempat – tempat wisata dan perusahaan.

Sebenarnya apa sih valentine itu? Untuk orang dunia barat pasti sudah mengetahuinya, tetapi ada sebagian besar orang di dunia yang hanya sekedar ikut merayakan tanpa tahu arti dan maksud valentine itu dirayakan. Valentine adalah hari kasih sayang, konon zaman dahulu kala ada seorang pendeta atau tabib bernama St Valentine yang hidup pada masa pemerintahan kaisar claudius, dimana kaisar claudius melarang semua pria menikah. Kaisar claudius meminta semua pria untuk bergabung dengan pasukan militernya. Tetapi pendeta St Valentine menolak aturan tersebut dan tetap menikahkan pemuda pemudi secara sembunyi – sembunyi , akhirnya kaisar claudius tahu, dan pendeta St Valentine mendapat hukuman mati pada tanggal 14 Februari 269 M. Untuk itu setiap tanggal 14 Februari di peringati sebagai hari valentine.

Dari zaman dahulu sampai sekarang banyak sekali cara yang digunakan untuk merayakan Valentine, zaman dahulu orang merayakan valentine bertujuan untuk menghormati dewa lucerpus atau dewa kesuburan, mereka merayakannya dengan menarik gulungan kertas yang berisi nama yang akan menjadi pasangan mereka. Kalau  zaman sekarang mereka merayakan dengan memberikan coklat kepada pasangan, memberikan bunga mawar, bahkan ada yang menunggu hari valentine untuk mengungkapkan cinta kepada orang yang disukai mereka fanatik jika mereka mengungkapkan dihari valentine, maka cinta mereka akan abadi.

Penulis : Zhulya Setia Anggraeini (Jurnalis BPR Restu Artha Makmur)

Profile Status
ACTIVE