Waspada Mengkonsumsi Sashimi

56

Semarang, RestuMagz – Minggu lalu saya berdiskusi dengan teman saya seorang dokter umum di Kota Banjar – Jawa Barat.  Kami membahas tentang kebiasaan masyarakat Jepang dalam mengkonsumsi ikan mentah.

Penulis pernah dalam beberapa kesempatan mengkonsumsi sashimi, dan ternyata menurut teman saya hal itu tidak baik bagi kesehatan.  Dalam daging ikan yang masih segar terdapat sejumlah bakteri dan parasit yang berbahaya jika dikonsumsi secara langsung tanpa pengolahan lebih lanjut.

Bahkan teman saya menyampaikan, di Jepang terjadi kasus yang menghebohkan dimana seorang anak muda menderita gatal dan sakit perut yang parah dikarenakan tubuhnya sudah menjadi inang cacing pita.  Hal tersebut terjadi dikarenakan pemuda tersebut hobi mengkonsumsi sashimi.

Nah, bagi anda yang gemar mengkonsumsi sashimi maka berhati-hatilah.  Perhatikan asal ikan tersebut ditangkap, restoran tempat sashimi disajikan, dan kondisi badan anda.

Tetap sehat, produktif, dan bahagia.

 

Penulis   : Franes Pradusuara, S.Pt., M.Si                                                                               Ilustrasi :  //cdn1-a.production.liputan6.static6.com

 

Profile Status
ACTIVE